Thursday, March 8, 2018

So Busy Lately..

Masih ingat di akhir tahun kemarin aku ngeluh karena kerja tapi gak berasa ada kerjaan sampai mau pindah kerja segala. Tapi sekarang kenyataannya masih stay di kantor lama karena cari kerjaan baru ternyata gak segampang itu. Jujur aja aku udah interview di banyak tempat, tapi ya itu gak ada yang berhasil. Mungkin ini pertanda dari alam semesta kalau aku itu baiknya emang gak usah sok mau pindah kerja.

Emang sih sempat terbesit keinginan jadi ibu rumah tangga. Kayaknya enak gitu seharian di rumah ngurus anak dan aku jadi punya waktu untuk ngelakuin hal yang aku suka, dagang. What? Iya gak salah baca kok. Dari waktu kuliah dan jamannya pake Blackberry, aku punya usahan jualan tas lokal kecil-kecilan yang hasilnya lumayan bisa buat bayar duit semesteran, buat jajan-jajan dan bayar kos bulanan.  Dari usaha kecil-kecilan itu, aku naikin level jadi jual tas import yang untungnya lebih besar. Semuanya itu aku lakukan dengan senang walaupun nilai kuliah jadi pas-pasan. 

Sampai akhirnya skripsi dan aku mutusin untuk berhenti jualan dan fokus skripsi. Keasikan bikin skripsi sampai lulus dan akhirnya kerja, itu jualan aku jadi terlantar dan udah malas aja untuk dilanjutin.

The rest is history. Aku fokus kerja, fokus ikut ujian profesi, fokus nikah, punya anak dan sekarang sampai di titik nanya sama diri sendiri sebenarnya aku itu mesti ngapain lagi. Either kerja sebaik mungkin, cari peluang karir yang lebih bagus supaya nantinya bisa punya posisi mapan di perusahaan, atau jadi stay at home mom yang bisa fokus ngurus anak sendiri dan bisa punya kesibukan lain yang menghasilkan duit juga.

Alasan lain kenapa aku kepikiran jadi ibu rumah tangga karena ada seseorang yang pernah bilang kalau anak yang diurus ibunya sendiri dan diurus sama orang lain itu beda. Satu kalimat itu entah kenapa ngena banget di hati sampai rasanya pengen nangis. Rasanya pengen nyalahin diri sendiri yang sebegitu egoisnya ninggalin anak di rumah demi punya karir di luar sana.

Walaupun ada keinginan untuk jadi ibu rumah tangga, tapi gak bisa juga kalau harus berhenti kerja sekarang. Aku mesti punya rencana apa yang bakal aku lakuin kalau berhenti kerja. Pengen punya usaha lagi? Then, mulailah dari sekarang. Ide mau usaha apa udah ada dan banyak, tinggal ekseskusinya aja gimana. Di November 2017, aku mulai buka toko di berbagai marketplace dan jual apa aja yang bisa dijual karena waktu itu aku belum punya barang khusus yang mau dijual. Tentu aja sepi pembeli karena toko baru belum punya reputasi dan kesulitan lainnya. Di Desember 2017 aku mulai import aksesoris anting dan lahirlah gwigeoli.id di Instagram. Namanya usaha baru tentu harus punya effort lebih disana, dari ngumpulin followers, sering update supaya hashtag kita ‘kena’ di customer dan sebagainya. 

Rasanya tentu senang karena punya kesibukan baru yang menghasilkan walaupun ya hasilnya belum seberapa. Intinya sih dua usaha aku ini bakal aku jadiin investasi seandainya nanti beneran jadi berhenti kerja. Kan enak tuh, begitu resign gak harus mulai usaha dari nol lagi.

Senang deh sekarang jadi gak jenuh-jenuh banget di kantor. Tapi bukan berarti aku gaji buta ya. Karena akhirnya di suatu kesempatan aku sempat ‘curhat’ ke atasan masalah gak ada kerjaan, pengen explore something new, pengen pindah subdivisi supaya bisa belajar hal baru dan sebagainya. Terus aku mulai dikasih tanggung jawab kerjain request-request kecil yang walaupun remeh temeh tapi seengganya ‘curhatan’ aku itu didengar. Atasan juga menyampaikan keinginan aku untuk pindah ke subdivisi lain dan kita lihat aja hasilnya gimana nanti. Kesimpulannya, sekarang aku kembali sibuk dengan kerjaan ini itu sampai-sampai di jam istirahat juga masih kerja demi gak lembur dan bisa main sama Keshya.

Di luar itu, aku juga sekarang sibuk mulai belajar lagi untuk ikut ujian profesi di bulan Mei. Nah, ngatur jam belajar ini yang sulit karena di kantor udah sibuk urusan kerja, sibuk pumping dan ngatur dua usaha kecil di marketplace dan Instagram. Pulang kerja mesti bungkus barang, kirim ke agen pengiriman terus bersih-bersih dan Keshya pasti gak mau ditinggal. Kalo ada anak, gak bakal bisa belajar dan maleman dikit anaknya minta nenen karena udah mau tidur. Beruntung kalo aku gak ikutan tidur pas nenenin dia, jadi abis itu bisa belajar. Seringnya, aku pasti ketiduran dan udah deh hari itu berakhir. Waktu terasa berputar lebih cepat dari biasanya dan tiba-tiba udah weekend lagi aja.

Intinya sekarang aku cukup sibuk dan aku bahagia. Walaupun udah gak ada waktu blogwalking, nonton video gak penting di youtube, nonton drama korea, bahkan sekedar liatin stories dan postingan orang di Instagram aja gak sempet. Padahal dulu hobi banget sampai-sampai kuota bulanan abis mulu. Tinggal belajar manfaatin waktu secara maksimal aja. Makanya udah rencana pengen ikutan acara kumpul Bloggerati karena belum pernah ikut, tapi akhirnya gak daftar karena itu tanggal-tanggal mendekati ujian dan mesti fokus belajar.

Oiya, baru-baru ini juga aku buka rekening saham loh. Belajar trading dan investasi kecil-kecilan. Hasilnya lumayan lah buat tambahan penghasilan :D Cuma kalau lagi merah, makan aja jadi ga nafsu.

Sekian update kali ini. Have a nice day everyone..

1 comment:

  1. Semangat yaa tashya smoga usaha2nya maju trus dan d kerjaan kantor jg lancar, masalah jd ibu rmh tgga or wanita karir si itu keputusan yaa asal bisa nanemin nilai2 baik ke anak :) wah sayang yaa gk bs ikudan bloggeratti >.<

    ReplyDelete