Wednesday, May 24, 2017

Ujian, WannaCry, dan Baby Bump

Gak berasa udah sebulan lebih gak update blog. Padahal postingan di draf udah ada dua biji, yang satu tentang resepsi nikah yang udah 8 bulan lebih berlalu, yang satunya lagi agak gak penting dan biarkanlah mereka mengendap dulu di draf sampai ada waktunya aku beresin.

Kemana aja sebulan ini? Gak kemana-mana kok, masih kerja, masih tinggal di Jakarta, masih sama seperti Tashya yang dulu. Alasan utama gak nulis lagi karena aku baru aja ikut ujian profesi aktuaria yang belajarnya cukup menguras waktu dan pikiran. Sekitar bulan November tahun lalu, aku pernah cerita tentang ujian aktuaria ini dan berakhir gak lulus :) Nah makanya ujian periode ini pengen belajar lebih baik supaya bisa lulus dong. Ujiannya baru aja beres minggu lalu dan hasilnya masih belum keluar. Padahal kunci jawaban untuk ujian yang lain udah di publish, tinggal ujian yang aku ambil aja nih belum. Bikin makin penasaran aja ya.

Cerita sedikit mengenai ujian profesi ini. Jadi, ujian ini dibuat oleh satu lembaga namanya Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Sama seperti ujian profesi lainnya, ikut ujian ini supaya bisa dapat sertifikasi aktuaris dan nambah gelar di nama. Ada dua tingkatan yang harus aku lewatin, yaitu ASAI dan FSAI. Untuk dapat gelar ASAI harus lulus di 7 mata ujian dan untuk dapat gelar FSAI, tingkatan yang lebih tinggi, harus lulus di 3 mata ujian lagi. Aku sendiri sampai sekarang masih berjuang dapetin gelar ASAI karena baru lulus 5 mata ujian. Jadi bisa dibilang, perjuangan masih panjang sampai semuanya beres.

Intinya sih ikut ujian ini demi masa depan karir yang lebih cerah haha.. Kalo ada yang mau nanya-nanya lebih lanjut, boleh loh email ke aku atau buka aja website resminya: aktuaris.or.id

Doain aja aku lulus ya. Plisss doain (kok jadi maksa hehe). Soalnya nih ya, kalo gak lulus itu aku mesti bayar sejuta buat gantiin biaya pendaftaran yang tadinya dibayarin kantor. Sejuta bisa aku pake buat makan all u can eat di Mulia. Gak deng, sejuta bisa nambah-nambahin beli perlengkapannya si dedek kan. Selain duit, pengorbanan belajar kali ini lebih berlipat dari biasa karena aku lagi hamil. Bayangkan baru mau ngerjain satu soal aja langsung sesak nafas dan itu sering banget kejadian. Yang namanya belajar sampe mau nangis karena gak nemu posisi yang enak dan mau nangis juga karena badan bener-bener gak fit.

Tapi si bos pernah bilang kalo nanti si dedek pasti jadi anak pinter karena mamaknya ngerjain soal matematika pas hamil. Katanya sih udah ada risetnya di Rusia apa dimana gitu gak penting juga. Amiiiin aja deh hahaha..

Balik lagi ke soal ujian, rencananya abis kelar ujian itu aku mau santai-santai blogwalking, buka-buka website belanja online sama mau update blog di kantor. Tapiii, apa daya ternyata internet di kantor baru aja diubah jadi lebih secure gara-gara apalagi kalo bukan si WannaCry. Pas banget aku kelar ujian dan WannaCry ini masuk ke Indonesia. Akibatnya ya gak bisa buka apa-apa di kantor, Bahkan email dan google juga gak bisa diakses. Website yang bisa dibuka terbatas di website pemerintahan sama Kompas.com. Itupun di Kompas gak bisa buka bagian gosip omaigot.

Katanya sih sekarang WannaCry udah mulai bisa diatasi di Indo, cuma ya aku gak tau apakah bakal selamanya settingan internet di kantor akan terus seperti ini. Kalo iya, bisa menderita kayaknya.

Intinya karena WannaCry, update blog jadi tertunda juga sampai sekarang.

Terakhir mau update soal perut yang makin membesar. Pas ujian kemarin, usia kehamilan udah 30 minggu lebih dan semua orang yang ikut ujian sepertinya menatap aneh dan bilang dalam hati, ibu hamil nekat macam apa yang perutnya udah gede masih ambil ujian segala. Bodo deh pokoknya semua kulakukan demi masa depan yang lebih cerah. Sok puitis banget ya mamak yang satu ini.

Sebenarnya dari trimester kedua itu udah sering ngalamin sesak nafas, tapi memasuki trimester ketiga ini jadi tambah parah yang sampe mau pingsan segala. Sesak nafas ini selalu kejadian tiap pagi, apalagi kalo naik mobil, Aku jadi baru ngerasain yang namanya orang asma itu menderita banget rasanya. Bahkan sehari sebelum ujian, aku sesak nafas cukup parah sampe keringet dingin dan muntah-muntah. Rasanya bener-bener khawatir kalo besok di ruang ujian kayak gini bisa gak konsen ngerjain ujian dan sebagainya.

Selain sesak nafas, badan juga jadi pegel-pegel banget. Mual masih berasa sampai sekarang. Waktu itu udah bertekad abis ujian mau pijet hamil di Mom n Jo dan belum kesampaian sampai sekarang.

Malam sebelum ujian, isi doa aku itu yang paling pertama semoga besok gak mual dan sesak nafas, semoga dedek baik-baik di perut buat besok aja, baru semoga bisa ngerjain soal ujian. Hari H ujian aku udah beli kaleng oksigen portable saking takutnya bakal sesak nafas dan berserah aja. Dan ajaibnya, hari itu aku gak sesak nafas dan mual sama sekali. Badan rasanya jauh lebih sehat dari biasa. Bener-bener bersyukur deh doanya dikabulin.

Besok-besoknya ya balik lagi ini badan kembali keyok. Ngikutin saran dari dokter, mama dan mertua, aku mesti banyak-banyakin jalan. Abis makan malem, jalan dulu kelilingin lapangan depan rumah. Di kantor sering-sering bangun buat jalan. Banyakin minum air putih yang aku sendiri gak tau apa hubungannya. Tapi bener ya, trimester ketiga ini rasanya jalan dikit aja udah megap-megap. Kalo menurut aku sih, aku begini pas hamil karena dulunya emang males olahraga kali ya.

Si mami sampe nakutin, bisa gak hamil normal nanti kalo sekarang aja udah begini. Huaa.. Sebenernya mau lahir normal apa caesar sama aja buat aku, Cuma entah kenapa aku pengen banget ngerasain sakitnya lahiran normal. Pengen ngerasain perjuangannya kayak gimana pas dulu si mama lahirin anak-anaknya. Tapi kalo emang keadaan nanti gak memungkinkan, caesar gak masalah. Entah kenapa juga, aku ngerasa si mami pengennya aku lahiran caesar. Soalnya dia udah nanya-nanya tanggal bagus buat lahiran si dedek. Mungkin dia berharap aku caesar supaya bisa langsung tag tanggal bagus. Yah kita lihat nanti aja jadinya gimana. Btw, kalo ada yang punya saran dan trik mengatasi rasa engap saat hamil, boleh banget bagi-bagi ya :)

Sekarang ini udah masuk 31 minggu dan kaki mulai bengkak. Hal yang paling aku gak mau kejadian malah terjadi sekarang. Dokter bilang wajar karena pembuluh darah semuanya membesar, jadi cairan yang masuk juga lebih banyak dan bisa bikin bengkak. Tapi nih ya, udah denger penjelasan dokter kayak gitu, si mami selalu bilang kalo kaki aku bengkak karena kurang minum air putih dan kurang minum susu. Ada-ada aja mertua aku yang satu ini. Aku sesak nafas, badan lemes, kaki bengkak, mual-mual itu semua karena kurang minum air putih dan susu menurut beliau. Aku sih iya-iya aja, itu kan tandanya si mami perhatian ya. Mungkin dia prihatin sama si dedek karena mamaknya ini gak doyan minum susu dan makan es krim.

Aku cuma bisa minum susu coklat dan tiap hari udah minum satu kotak ultra milk rasa coklat. Gak tiap hari sih, kadang-kadang bolong juga hehe.. Tapi ya itu, mertua kayaknya sebel kalo aku gak doyan susu. Kayak misalnya lagi pesen es teler, aku minta gak pake susu, beli martabak juga minta gak pake susu. Abis gimana dong, aku gak doyan :(

Udah hampir sebulan ini juga aku punya kebiasaan baru, yaitu makan es batu. Padahal ya sebelum hamil itu aku gak doyan gigitin es batu begitu. Tapi sekarang makan es batu itu nikmatnya luar biasa. Dulu awal-awal aku selalu dimarahin sama mama, Kevin karena es batu ini. Pas konsul ke dokter, dokternya bilang gapapa kok makan es batu karena itu dasarnya air putih gak ada kalorinya. Yang gak boleh itu minum sirup dan segala macam yang manis-manis.

Jadi sekarang aku suka bawa termos ke kantor yang isinya full es batu buat seharian. Terus di rumah suka bawa segelas es batu ke kamar. Kalo ketauan mami, pasti disuruh es batunya kasih susu kental manis. Oh no..

Udah gitu ya, perut segede ini masih dikira hamil 5 bulan. Ambil hikmahnya aja, itu tandanya masih dianggap belum gembrot-gembrot amat. Padahal berat udah naik 11 kilo lebih dan si dedek beratnya 1,5 kg saja.

Bagian perut juga sepenglihatan sih masih mulus. Aku cuma rajinin pake minyak zaitun tiap pagi dan malam. Murah meriah dibanding harus beli krim khusus. Mungkin kalo suatu saat ngeliat garis yang tidak diinginkan, juga bakal langsung beli krim stretch mark yang paling mahal lol

Nafsu makan sepertinya mulai bertambah juga. Pengen bisa makan banyak, tapi apa daya sesak nafas udah kayak ikan kekurangan air kalo perut diisi kebanyakan. Padahal nih ya lagi ngiler makan di Kintan Buffet yang dagingnya itu enak-enak sekali. Bayangin sambil ngiler..

Ya begitulah kira-kira rasanya awal trimester ketiga ini. Kalo lagi sesak nafas rasanya si dedek pengen cepet-cepet dilahirin, tapi kalo lagi enak rasanya masih pengen hamil lamaan lagi karena bisa makan sepuasnya tanpa mikirin gendut. Sabtu ini juga rencananya mau ikut senam hamil untuk yang pertama kalinya karena udah mulai disuruh sama dokter. Excited senam hamil itu kayak apa ya hihi..

Sekian updatenya, yang tadinya gak mau ngoceh banyak-banyak, eh malah kepanjangan sepertinya :)

Happy gajian juga buat mereka yang gajian tanggal 25 tapi jadinya hari ini karena besok libur :)

6 comments:

  1. Deuh ujian aktuaris, bacanya aja ud mules, gak suka matematika. Mendingan akuntansi drpd disuru matematika, tp tashya kan pinter pasti lulus dan nanti si debay pinter jg kek mamanya :*

    Wah sayang bgt yaa ud gk bs blogwalking lg di kantor >.<

    Sehat dan tumbuh sempurna yaa debaynya, maminya jg sehat dan sesak napasnya ilang. Amin !

    Haha selamat gajian jugaaaa~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. gantian kalo aku malah mending ngerjain soal mat daripada disuruh bikin pembukuan, cash flow gitu-gitu Nie XD

      Iya nih akibatnya jadi males buka blog, baru bales komennya sekarang.

      Amiiin makasih ya Nie :*

      Delete
  2. Wah anaknya pasti pinter lahhhh cantik juga kaya mama nya hehehehe. Kok bisa yah kena wannacry jadi serem juga. Tapi sasaran biasanya kantor yah. Sehat sehat terus Tashya n bebiiii, lulus dengan nilai gemilang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha semoga anaknya lebih cantik dari mamanya ya nanti. Iya ci sasarannya perusahaan2 yang banyak data gitu. Aku gak penting deh nilai pas-pasan gapapa asal lulus hahaha

      Delete
  3. aku malah baru pernah denger aktuaris loh, sampe akhirnya buka web, ternyata keren jg yaa. tapi aku pasti gak suka. lol. hehehe..

    Kaki bengkak biasanya karena makan yang asin2. trus malah jangan terlalu kebanyakan berdiri/jalan kelamaan. Kalau es batu, iya jg. cuma gpp banget. es batu gak ada kalori, lagian tubuh kita panas, es batu kalo di mulut kan juga lumer, malah yang gak boleh kalo semester 3, jangan minum or makan yang manis2, ini jg kalo BB bayi udh cukup besar. kalo masih kecil. hajarrrrrrr. hahahahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih jarang yang tau kerjaan kayak gini ya

      Nah itu kayanya susah ngurangin makan yang gurih asin. apa mungkin karena kebanyakan duduk juga kali ya di kantor? hahaha iya hajar makan terus nih. Terus sekarang berat udah gak kekontrol lagi biarin deh hahahaha

      Delete