Thursday, January 19, 2017

Kehamilan 13 Minggu

Yeay akhirnya trimester pertama lewat juga.. Jadi ceritanya aku mau share apa aja yang aku rasain ketika trimester pertama kemarin. Biar inget gitu ceritanya dan kalo berapa tahun ke depan mau punya anak lagi, baca dulu tulisan yang disini supaya jadi mikir-mikir lagi kalo mau hamil. Loh? haha..

1. Perubahan Fisik
Di awal-awal kehamilan, sekitar 5-7 minggu, aku gak ngerasain sama sekali yang namanya mual-mual apalagi morning sickness. Nafsu makan biasa aja, tapi kalo makan tuh rasanya gak kenyang-kenyang. Apalagi di minggu ke-7 aku sempet jalan ke Cina dan disana aku makan banyak banget. Bahkan udah jem 9 atau 10 malem gitu aku masih makan berat. Akibatnya, berat badan aku yang pas baru nikah itu 48 kg langsung naik ke 52,5 kg pas nimbang di rumah sakit saat usia kandungan 7 minggu. Kalo orang lain ngeliatnya sih aku masih sama aja, malah ada yang bilang tambah kurus. Ngaco banget haha.. Tapi emang aku berasa sih tambah gendut, lengan tambah gede *hiks*, gak bisa lagi pake baju yang ngepas badan karena lemaknya kemana-mana. Kalo untuk baby bump sih belum ada kayanya, yang ada itu samcan bump. Miris..

Masalah kulit, jerawatan mulu nih. Ada aja jerawat baru yang muncul. Cuma kulit jadi lebih gak berminyak dan lebih cerah. Kalo dulu sebelum hamil, pasti ada sekali dalam sehari pake kertas minyak. Semenjak hamil, aku bahkan udah lupa kertas minyaknya ada dimana sekarang. Semoga fase jerawatan ini cepet lewat.. 


2. Mual dan heartburn
Mulai masuk 8 minggu, mual mulai dikit-dikit yang gak gitu menyiksa. Cuma yang ga enaknya itu, nafsu makan berkurang dan sering ada rasa nyeri di dada dan tenggorokan. Kalo kata internet sih itu namanya heartburn dan wajar-wajar aja terjadi sama bumil. Kalo disuruh milih antara heartburn sama mual, kayanya masih mendingan mual deh. Soalnya kalo mual bisa diilangin dengan cara nyemil atau kalo amit-amit harus muntah, abis muntah pasti gak mual lagi. Tapi kalo yang namanya heartburn, aku masih ga bisa nemuin cara buat ngilanginnya. Makan salah, minum salah, didiemin juga salah. Rasanya gak enak banget. Mungkin bisa mendingan kalo dibawa tidur, tapi mana bisa tidur sih di kantor.

Heartburn ini pasti aku rasain tiap hari dari minggu ke-8 sampe 10. Apalagi kalo telat makan, aduuh gak nyaman banget rasanya. Telat makan ini artinya kalo dalam durasi 2-3 jam aku gak makan ato nyemil apa-apa. Tapi sekarang udah gak gitu berasa lagi.

Heartburn mulai ilang, eh malah mualnya balik lagi dan lebih intens. Kualat kali ya karena dulu bilang lebih mending mual daripada heartburn. Sampai hari ini, aku masih ngerasain mual di pagi hari atau sebutannya morning sickness. Rutinitas pagi aku itu dimulai dari bangun tidur langsung mandi, siap-siap ke kantor, pamit mertua ke kantor, nyamperin meja makan buat siapin bekal di kantor, baru jalan deh. Biasanya mual baru berasa pas lagi nyamperin meja makan. Mungkin karena nyium berbagai aroma makanan terus jadi mual, begitu naik mobil, AC nya dingin, aku ngeluh deh mual mau muntah, perut mules, badan gak enak, males ke kantor. Terus aja berulang kayak gitu tiap pagi. Semoga fase ini juga cepet lewat deh ya.

3. Toilet Kantor
Udah beberapa minggu ini toilet kantor jadi tempat paling favorit buat aku. Kenapa gitu? Karena itu tempatnya aku ber uek-uek kalo lagi mual gak tertahankan, tempat aku ngaca dari samping tiap hari buat ngeliat baby bump udah muncul apa belom, tempat aku mondar mandir gak jelas biar gak kebanyakan duduk mulu dan yang bikin favorit adalah sebagai tempat aku tidur kalo ngantuk parah abis makan siang. Bersyukur sih punya toilet kantor yang bersih, kering dan selalu wangi. Jadi ceritanya, sejak hamil itu aku selalu ngantuk parah banget setelah makan siang. Biasanya aku tidur-tidur di meja kantor dulu sampe jam setengah 2 siang. Terus biasanya masih ngantuk banget, jadi aku lanjutin tidur di toilet karena suasana di meja kerja udah banyak orang. Gak sampe tidur pules sih, tapi mayan lah buat bumil yang sering ngantuk ini.

Tapi udah semingguan ini ngantuknya berkurang, jadi gak usah sampe tidur di toilet lagi. Hehehe..

4.  Pipis
Baru beberapa hari ini aku tau yang rasanya kebelet pipis pas lagi hamil itu gak enak. Iya gak enak karena kalo udah pengen pipis, gak bisa ditahan, harus saat itu juga ato ga perut bawah situ jadi sakit. Kan banyak tuh orang yang bilang kalo lagi hamil pasti jadi sering kebelet pipis karena kantung kemihnya keteken sama janin yang tumbuh. Aku sendiri sampai saat ini intensitas pipisnya masih biasa aja. Kalo malem juga paling cuma 1-2 kali kebangun buat pipis semenjak hamil.

Ya abisnya gimana mau sering pipis kalo aku minumnya itu sedikit. Iya sekarang aku gak bisa minum air putih sekaligus banyak karena bisa mual dan berasa mau heartburn lagi. Duh amit-amit deh sama heartburn. Tapi ya kalo minum minuman kayak chatime gitu-gitu pasti bisa abis cepet. Cuma air putih doang yang bikin mual. Ya kali masa mau minum yang manis-manis mulu tiap hari.

5. An Tai Yao
Sesuai saran Ci Orin, aku berniat sih minum an tai yao ini. Cuma pas nanya mama, katanya jangan minum obat-obat cina dulu karena dedenya masih kecil dan kehamilan aku kan gak bermasalah jadi katanya gak usah dulu minum gituan. Buat yang belum tau, an tai yao ini bentuknya racikan rempah cina gitu yang nanti direbus dan kita minum rebusannya. Manfaatnya kayak vitamin aja, buat penguat kandungan, pokoknya supaya dedenya sehat selalu katanya sih.

Nah sekitar seminggu yang lalu (pas minggu ke-12) mami mertua akhirnya beliin aku racikan an tai yao ini dua bungkus. Si mami beliin karena dulu dia juga minum beginian pas hamil Kevin, katanya tiap hari minum pagi siang sampe 9 bulan. Walah aku dengernya aja udah langsung kasian sama dedenya. Aku jadi takut kenapa-kenapa dong, secara Ci Orin juga bilang minumnya sebulan sekali aja. Sebagai menantu yang baik dan nurut, ya aku ikutin deh tuh minum an tai yao pagi malem. Untuk rasanya sendiri gak parah-parah banget kok. Pahit sih, tapi gak banget kayak jamu dan ada rasa manisnya juga. Karena aku doyan makan ayam obat, jadi aku bisa minum lah si an tai yao ini. Yang gak enak itu aromanya dan aku gak bisa minum sekaligus cepet abis karena takut mual.

Ceritanya, pas pagi-pagi aku mau minum itu obat, ada si popo (neneknya Kevin) lagi duduk juga di meja makan. Mungkin dia liat aku keliatannya tersiksa banget kali ya karena minum begituan aja nungguinnya bisa ampe 15 menit lebih. Terus dia bilang, udah deh gak usah minum beginian lagi, dulu popo juga gak minum gitu-gitu dan lain-lain yang intinya gak minum juga gak masalah. Ya udah aku minta tolong aja sama si popo buat bantuin bilang ke mami gak usah beliin an tai yao lagi. Eh beneran loh gak dibeliin lagi tapi alesannya karena akunya yang gak doyan dan gak mau minum lagi. Haiyaah popo..

6. Perlakuan orang lain
Lupa gimana ceritanya, pokoknya hampir semua orang di lantai tempat aku kerja itu udah tau kalo aku lagi hamil. Udah taunya dari pas 2 bulan malah. Alhasil, tiap ketemu sama orang dari departemen lain di toilet atau dimana aja gitu, pasti mereka ngeliat perut aku dulu baru basa basi deh. Tapi banyakan itu ngeliat perut terus ya udah ngeloyor aja gitu. Jadi lucu sendiri aja sih ngeliatnya..

Selain itu, aku ngerasa kurang nyaman sama perlakuan yang terlalu gimana gitu. Kayak kalo naik lift, ayo bumil masuk duluan. Aku jadi lebih seneng kalo orang gak tau aku lagi hamil lol. Di luar orang kantor sih kebanyakan gak akan tau karena perut belum keliatan.

7. Ngidam
Agak susah sih bedain ngidam sama cuma kepengen. Tapi dulu pas masih 9 minggu gitu, aku pernah yang seminggu makan ayam goreng mulu dan pernah kepengen banget makan mie ayam abang-abang yang gerobaknya ada stiker bogasari.

Kalo sekarang sih lagi gak ngidam apa-apa. Nafsu makan malah turun lebih drastis lagi :( Bahkan udah hampir seminggu ini aku gak bawa nasi, cuma lauk doang itupun dikit. Ngeliat nasi putih rasanya gak nafsu makan. Aku jadi picky banget soal makanan. Mungkin kalo lagi kepengen makan sesuatu, itu artinya aku bukan lagi ngidam, tapi emang cuma lagi bisa makan makanan itu aja. Moga-moga fase gak nafsu makan ini cepet lewat juga ya..

8. Mood swing
Kalo ini sih lebih banyak Kevin yang nerima akibatnya. Kalo ke mertua kan aku jaim, sama ortu sendiri juga gak mau cerita yang gimana-gimana banget takut mereka kepikiran. Beberapa contoh mood swing yang kadang-kadang bikin aku gak abis pikir juga kalo dipikir lagi,

- lagi di mobil ngobrol ketawa-ketawa sama Kevin. Terus tiba-tiba aku bilang kalo aku gak cocok sama makanan rumahnya dia yang kebanyaka gurih-gurih dan hampir 99% bikin perut mual. Abis itu aku nangis aja dong, nangisnya itu yang karena kesel banget karena mikir aku lagi hamil, orang rumah Kevin masaknya kayak begitu. Kevin aja jadi bingung perasaan tadi gak kenapa-kenapa. Tanya kenapa?

- pagi-pagi abis mandi aku cium-cium pipinya Kevin, mood lagi bagus. Terus buka lemari, screening semua baju kerja mayan lama karena kebanyakan udah sempit. Abis itu Kevin kena omel deh sama aku karena kesel aku tambah gendut dan gak ada baju yang muat.

- mami pulang dari Kuala Lumpur bawa oleh-oleh coklat banyak dan salah satunya wafer coklat merk Loacker yang kebetulan rasanya aku demen banget. Pokoknya aku udah taro itu wafer satu bungkus yang isinya Loacker ukuran mini. Aku sayang-sayang banget deh makannya karena Loacker kan mayan mahal dan cari rasa yang aku demen itu agak susah di Indo. Beberapa hari setelah itu, aku tau kalo wafernya dikasih ke adenya Kevin. Wah aku langsung ngoceh-ngoceh lah ke Kevin dan suruh dia buat buang sisa Loacker yang masih ada di kamar karena aku gak mau ngeliat lagi itu wafer. Kan gak mungkin ngamuk ke mertua wkwkwk.. Tapi rasa keselnya itu kesel yang banget-banget gitu. Seumur-umur belum pernah loh aku marah soal makanan.

....dan banyak cerita lain yang aku udah lupa tapi mungkin Kevin masih inget.

Sekian dulu cerita yang kebanyakan jadi curhatan bumil di trimester pertama ini. Semoga di trimester kedua, mualnya cepetan ilang dan yang penting dedenya sehat selalu. Amiiiin...



7 comments:

  1. Mualnya malah ditengah2 mao ke trimester kedua ya tas? amin semoga bisa nikmatin kehamilan ini dengan happy dan lancar, duh ak demen jg tu loacker *elus2sayang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih malah baru mulai di akhir trimester pertama sampe sekarang.. iya wakopun sakit tetep harus dinikmatin :) Ah loacker...

      Delete
  2. ih sama cc juga demen wwkwkwkwk... ileran langsung, ces ces ces. iyah emank ga mesti kok minum an tai yao, beda beda juga, ada yg mual mual parah yah kalo uda mual parah gitu gak bisa di paksaiin minum an tai yao wkwkwkwk bisa makin enek. Yang penting makan yang mateng, dan makan yang sehat azalah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loacker emang paling enak ya ci huhuhu.. aku sih mau aja minum an tai yao, tapi gak tiap hari juga ampe brojol XD

      Delete
  3. halooo Tasya salam kenal yaaa.
    sama2 lagi menyandang status bumil nih kita :D
    setuju bangett sama toilet kantor yg jd tempat favorit. bener2 bolak balik mulu buat hoak hoekkk. adehhhhh. Puji Tuhan siksaan itu uda aku lewatin.
    semangaaaat bumillll, sehat terusss yaaa dedek n mommynya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bumil salam kenal jugaa..
      pengen cepet2 lewat fase mual sama ga nafsu makannya nih. hihi.. Makasih yaa sehat2 terus juga buat kamu sama dedeknyaa

      Delete
  4. wahh, akhirnya berlalu juga ya trimester pertama...denger2 cerita di grup juga nyiksa ya apalagi mual2 nya..semangat terus ya tashya, sehat2 kamu dan debay

    ReplyDelete