Wednesday, October 19, 2016

The Day - Morning Preparation

Mungkin dari kalian ada yang mau nikah dan walaupun udah pernah melihat prosesi pagi pengantin lain yang entah keluarga atau teman, tapi masih bingung harus ngapain aja, semoga tulisan ini membantu dan bisa kasih gambaran mengenai persiapan pagi pengantin adat chinese tapi modern. Apa pula maksudnya ya :D

Sabtu, 10 September 2016

Persiapan Tashya

Hari itu dimulai dari jam 4 pagi, dimana aku baru bangun dari tidur yang cuma berapa jam dan langsung berpindah ke kamar pengantin, tempat aku akan mulai dirias. Bahkan Kevin masih sempet-sempetnya ke kamar pengantin cuma buat mastiin aku udah bangun. Tadinya mau mandi dulu, tapi setelah mondar-mondir gak jelas di kamar, Aurel udah keburu dateng. Jadi yang aku lakukan cuma lap-lap badan, cuci muka, sikat gigi dan langsung pake robe dari @gingerolive.co.

Keadaan muka waktu itu lagi gak gitu bersahabat. Gara-gara semalemnya nangis, jadi masih ada bengkak sedikit. Dan yang lebih nyebelin, tiba-tiba aja pagi itu muncul satu jerawat gede banget di pipi. Sediiiih..

Proses make upnya sendiri gak gitu lama. Mungkin karena Aurel udah beberapa kali dandanin aku dan dia udah tau mesti diapain. Aurel juga bisa nutupin si jerawat super gede itu.

make up pagi
Sekitar 1 jam setelah mulai dandan, orang-orang dari Picturehouse juga udah dateng dan mulai sibuk atur-atur lightning yang bagus, atur mannequin yang belom dipakein gaun pengantin dan udah mulai foto-foto proses dandan yang masih setengah jadi ini.

Gak lama setelah itu juga mba Vince juga dateng. Mba Vince ini yang bakal bikinin hair do pagi dan malam aku. Ini kedua kalinya aku ketemu mba Vince. Yang pertama itu pas aku sangjit, dia juga yang bikin hair do nya. Orangnya rame, cerewet, jadi bener-bener bikin suasana cair dan aku jadi rileks. Ternyata juga, mba Vince kenal sama orang-orang Picturehouse. Namanya juga kerja di bidang perweddingan, jadi ketemu orang-orangnya juga dia lagi dia lagi ya.
hair do pagi
Oiya, aksesorisnya aku pinjem dari @quennyhairpin. Jadi ceritanya, Quenny ini punyanya sepupu ipar aku dan dia nawarin untuk pinjem hairpiece dia secara gratis. Akhirnya aku pilih yang model lace simpel kayak di foto. Modelnya sendiri ada banyak dan bagus-bagus. Selain itu, semua hairpiece yang dia jual atau sewakan itu dibuat sendiri sama si owner, 100% handmade.
Sebenernya dari Ritz Taipei aku juga dapet pinjeman hairpiece untuk pagi dan malam. Aku sendiri di hari-hari sebelumnya juga udah milih mana yang mau dipinjem. Tapi akhirnya hairpiece dari Ritz ini gak ada yang dipake. Karena setelah dibandingin sama Quenny punya, hairpiecenya jauh lebih bagus dan rapi.
slayer dari Ritz Taipei
Para mama, adik Kevin, dan bridesmaids juga udah mulai dandan sama Bellevue. Tim WO juga udah sibuk mondar-mondir dan masangin gaun pengantin ke mannequin.
the chosen one
Yang dodolnya, sekitar jam 5 pagi ada telepon masuk ke kamar dan langsung aku angkat. Ternyata itu dari room service yang nanya kamarnya mau di make up apa engga. Aku pikir ini orang room servicenya masih masih ngantuk atau gimana ya, masa kamar dibersihin pagi-pagi. Jadi aku bilang aja gak usah di make up. Eh ternyata maksudnya make up kamar itu buat hiasin ranjang pengantin buat sesi pagi. Haha.. Tapi akhirnya semua beres gak ada masalah telat sama sekali.

Selanjutnya, yang dilakukan setelah selesai dandan adalah.. foto-foto cantik pake robe :)
pose memandang masa depan lol
Suka banget sama kerja ko Benny dan tim yang bisa ngarahin gaya macem-macem. Fotonya cuma sebentar karena aku disuruh sarapan dulu. Makanannya sendiri dibawa ke kamar oleh orang hotel dan jumlahnya itu bener-bener banyak dan lengkap. Udah kayak mau kasih makan satu komplek. Lebay sih ini haha..
menu makan pagi
Pelayanan dari Mercure memang boleh diacungi jempol. Makanannya juga semua enak, walaupun aku cuma makan sedikit.

Setelah makan, para bridesmaids datang dan kita mulai sesi foto-foto cantik lagi.
ngobrol cantik
Suka juga sama hasil make up Bellevue. Semua bridesmaids didandanin sama tim Bellevue, bukan Ellis. Tapi hasilnya flawless semua, cantik gak berlebihan.

Setelah foto, aku langsung dipakein gaun pengantin sama WO. Padahal beberapa hari sebelumnya, aku dan bridesmaids udah ke Ritz Taipei buat latihan cara pakein aku gaun. Udah latihan cape-cape, tapi akhirnya WO juga yang pakein hehe..

Proses pake gaun ini agak sulit dan lucu jadinya. Jadi, gaun yang aku pilih ini belakangnya model iket-iket silang gitu, bukan langsung retsleting. Iket-iketnya mesti ditarik yang kenceng supaya bagus dan bisa dikancingin lagi. Jadi, tukang jahit Ritz Taipei ada masangin sejenis kancing dalem gitu yang intinya supaya gaunnya tetep kenceng. Pas pake di Ritz sih rasanya gampang-gampang aja karena ada mba-mba yang bantuin. Tapi pas sekarang pake sendiri, sulit ya ternyata. Kalo WO yang satu narik terlalu kenceng, akunya jadi ketarik ke belakang mau jato. Akhirnya harus ada WO lain yang megangin dari depan, supaya aku gak ketarik. Ternyata megangin aja gak mempan, harus dipeluk. Hahaha.. Jadi kalian bayangin aku pelukan sama 1 orang dan di belakangnya ada yang berjuang narik-narik iketan gaun. Oiya WO yang pakein baju tentunya perempuan ya. Pas banget emang tim WO yang cewe cuma ada 2 orang.

Setelah digedor-gedor sama WO lain yang nanyain mulu "udah kelar belom", akhirnya pintu kamar dibuka juga dan foto cantik pake gaun dulu.
ada yang bolong gak yah
Prosesi selanjutnya adalah mama yang makein papa corsage dan setelah itu mereka nutup slayer aku.
tutup slayer
Oiya sebelum tutup slayer, aku juga ada prosesi makan onde bareng saudara kandung. Karena aku punya adik cowo, jadi kita bertiga makan onde dan masing-masing dapat angpao dari mama papa. Katanya, tradisi ini menggambarkan supaya walaupun aku udah nikah, kita sesama saudara tetep masih akur, dilambangkan dengan makan onde bersama. Bener gak ya?
abis makan onde, dapet angpao
Setelah slayer ditutup, aku duduk manis di kamar sambil nungguin Kevin datang menjemput..

Persiapan Kevin

Yang namanya cowo itu gak seribet persiapan cewe kan. Jadinya setelah aku kelar dandan, Aurel langsung bergegas ke kamar Kevin buat make up Kevin sedikit.

Kalo yang aku liat dari foto-foto pichos, ada prosesi Kevin pake sepatu, dipakein dasi sama best men, dipakein jas sama mami papi, mami kasih buket pengantin ke Kevin dan setelah itu mereka semua turun ke lobby.
anak mami udah ganteng
Di lobby, Kevin dipayungin pake payung merah sama salah satu best men untuk naik ke mobil pengantin. Abis itu mobilnya jalan ngelilingin hotel sekali. Sesampainya di lobby hotel lagi, Kevin turun dari mobil dan masih dipayungin pake payung merah. Di depan lobby, udah ada tante aku yang siap sama nampan beras kuning yang udah dicampur uang logam dan permen.
lempar yang banyak supaya makmur
Katanya sih tradisi ini intinya supaya si pengantin makmur kehidupannya, duit ada, makanan ada, dan kehidupan rumah tangganya manis-manis terus kayak permen. Dilemparnya tiga kali, ke depan, ke kiri, ke kanan. Ada juga orang lain yang lemparnya ke empat penjuru, utara, selatan, barat, timur. Ada juga yang lempar harus dua orang, terus nanti lemparnya bales-balesan. Macem-macem deh caranya. Gak usah diribetin, cara gimana aja sama menurut aku yang penting maknanya mendoakan yang baik-baik.

Pas dilemparin pun, Kevin tetep dipayungin dan ada best men lain yang mungutin hasil lemparannya itu, entah uang logam atau permen. Maknanya apa ya, ada yang tau?

Selesai itu, Kevin diantar oleh tante aku menuju kamar pengantin. Jangan harap bisa langsung ketemu si bride, karena ada... gatecrash game dulu dong hehehe.. Sebenernya ya, aku gak mau ada game-game beginian karena buat aku gak gitu penting dan Kevin itu orangnya gampang keringetan. Kan gak lucu kalau belum ketemu aku aja udah keringetan lepek, terus nanti moodnya dia jadi bete. Tapi WO bilang harus ada game dulu karena leader WO nya emang pengen ngerjain si Kevin. Fyi, leader WOnya ini mantan bosnya Kevin.
mau ketemu Tashya? no no no
Gamenya sendiri simpel, tapi susah. Kevin cuma disuruh cari 3 foto aku yang harus dia cium, tentunya pake lipstik ya bibirnya. Foto pertama gampang, foto kedua agak naik sedikit di tembok gitu, foto ketiga ada di langit-langit, jadi harus gendong-gendongan deh tuh. Udah berapa kali nyoba, tapi gak bisa juga. Payah ya :D
ini yang paling atas hoho
Akhirnya karena kasian, dikasih lewat juga deh sama bridesmaids aku. Beneran udah keringetan tapi untungnya dia gak bete. Begitu masuk kamar pengantin, langsung disambut sama mama papa, peluk cium dulu. Terus digandeng deh ke kamar utama tempat aku nunggu.

Udah lupa waktu itu fotografernya ngelucu apa engga, atau emang akunya happy karena aku senyum-senyum ketawa gak jelas hampir di semua foto pas Kevin lagi nyamperin aku.
hey babe
Mungkin emang happy kali ya. Walaupun gak dipingit, tapi rasanya tetep berbunga-bunga kok :D hahaha..

Setelah dijemput, kita tukeran corsage dan buket. Aku pakein corsage ke Kevin dan dia berlutut kasih buket ke aku. Disini gak ada prosesi buka slayer, karena slayer cuma boleh dibuka sekali dan rencananya baru akan dibuka di vihara.

Prosesi selanjutnya adalah makan misoa. Misoanya sendiri udah disiapkan dari pihak hotel, lengkap beserta telur rebus bulatnya. Aku sendiri makan dalam keadaan slayer masih tertutup. Jadi agak sedikit susah ketika Kevin mau nyuapin aku.
mana ya misoanya gak keliatan
Setelah makan misoa, langsung deh kita berangkat ke vihara untuk pemberkatan.
babhaay guys
Kalau untuk pengaturan waktunya, bener deh kemarin itu aku udah gak liatin jam lagi. Berguna banget ada WO yang udah jadwalin semuanya. Dengan prosesi yang segitu banyaknya, semuanya berjalan sesuai rencana. Untung juga mungkin karena aku ambil pemberkatan yang jam 11 siang, jadi gak ada yang harus diburu-buru.

Bersambung ke postingan berikutnya yaa..

10 comments:

  1. Cantik~~~~~ suka pose wedding gown sendiri sama ngobrol2 cantik sm bridesmaid, ko benny plg jago lah anglenya :D ak keknya hrs bikin postingan soal ini, kelupaan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Nie ^^ iyaa ko benny jago cari angle yang gak terpikirkan.

      Ayo bikin postingan yang ini juga sebelum lanjut review2nya :D

      Delete
  2. tashyaaa cantikk bgt.. aku sukka bagian yg foto yg ngobrol cantik ama foto gaun di manekin cantik bgt yaa... ditunggu postingan yg laen lagi ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaa mona :D makeupnya mantap berarti. iya 2 foto itu bagus yaa.. Semoga aku bisa cepet bikin postingan lanjutannya haha..

      Delete
  3. Wowwwwwwww.....Bagus bangetttt nget nget semuanya keren, suka banget sama baju bridesmaidnya. Baju pagi mama. Pengantinya cantik, bridesmaid nya cakep cakep, aduh cantik semuanya. Everythin was perfect.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuuu cici Orinnn..
      Everything looked so perfect ya ci :D
      Semoga hari H nya besok lancar2 yaa ci ^^ so happy for you

      Delete
  4. Everythings look perfectoooo! Kece kece bgt photo ala-alanyaaa... <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih yaa stev.. semuanya imperfectly perfect :D

      Delete
  5. yeayy.. finally,, congrats ya mrs kevin ^^.. hihi..

    ReplyDelete