Tuesday, June 21, 2016

Perawatan Diri Perlukah?

Jawabannya : perlu gak perlu sih..

Tergantung orangnya juga sih menurutku. Kalau dasarnya gak diapa-apain aja udah cantik bersinar sepertinya gak usah perawatan gak masalah. Kalau dasarnya males dan gak mau buang-buang duit biasanya cuma perawatan secukupnya menjelang hari H. Kalau dasarnya banyak maunya ini itu, pasti perawatannya niat banget. Sedangkan aku itu termasuk tipe yang banyak maunya ini itu, tapi males dan gak mau buang-buang duit :)

Oleh karena itu, di kesempatan ini aku mau share tips-tips perawatan yang sedang aku lakukan buat para bride to be yang mau centil tapi males dan yang penting cukup aman di kantong. Apa pula bahasanya ya hehe..

Kecentilan no 1 : Perawatan Muka
Kalau bride to be lainnya akan mulai rajin facial atau rajin pake obat dokter, aku gak ngelakuin semuanya. Why? Karena aku gak suka muka aku jadi merah banget abis di facial, terus pori-porinya jadi terlihat lebih besar dan yang paling aku gak suka, terkadang sering muncul jerawat di tempat yang tadinya aman-aman aja. Intinya abis facial itu, aku gak merasa tambah cantik melainkan tambah jelek haha.. Alasan lainnya, facial itu gak bisa dilakukan sekali, kalau yang mukanya cukup jerawatan pasti akan disuruh balik lagi setiap dua minggu sekali atau bahkan seminggu sekali.

Walaupun mungkin nantinya kulit wajah akan jadi bersih, tapi aku gak berani ambil resiko kalau ini muka satu-satunya harus dipencetin tiap minggu :( kalau jadinya mulus sih gapapa tapi kalau jadi bolong-bolong piye toh :(

Obat dokter yang aku pakai selama ini cuma krim jerawat aja. Itu juga cuma dipakai kalau ada jerawatnya. Gak berani juga pakai obat-obat dokter yang banyak kimianya. Aku pernah ngobrol sama MUA Bellevue dan dia cerita kalau pernah menangani customer yang suka pakai obat-obat perawatan. Emang sih mukanya mulus, licin, tapi ternyata kulitnya itu dipakein foundation dan kawan-kawannya gak mau nempel-nempel. Hii serem kan. Udah amat sangat gak alami kulitnya.

Namun bukan berarti kita gak ngerawat sama sekali loh. Rutinitas yang aku lakukan setiap hari itu :
- Cuci muka pagi dan malam (pake faceshop)
- Krim pagi dan malam (faceshop juga)
- Secret Key Starting Treatment Essence
- Krim mata (SK-II)

Kalau yang cuci muka untuk perempuan paling malas di dunia juga harus ngelakuin ya. Nah sedangkan yang lain itu sebenarnya gak wajib, tapi aku menyarankan kita semua udah mulai rajin pake. Karena buatku itu semua bakal jadi investasi di masa mendatang. Untuk krim pagi dan malam itu pakai yang ringan aja. Kalau aku sendiri sangat suka pakai produk The Face Shop dan The Body Shop karena mereka itu memakai bahan-bahan yang alami dan natural. Tapi kan The Face Shop mahal-mahal harganya :( Nah itu, aku selalu beli produk The Face Shop di online shop aja. Pernah sih beli di counter langsung, tapi abis itu langsung nyesel karena beda harganya besar sekali. Yang di online shop itu juga asli kok, jauh lebih murah karena mereka rata-rata beli langsung di Korea yang memang harganya jauh lebih murah daripada disini. Sedangkan untuk The Body Shop aku selalu beli di counter karena justru yang di online shop itu gak meyakinkan.

Untuk yang Secret Key itu karena awalnya aku ngiler sama FTE nya SK-II. Tapi kalian tau sendiri kan harganya yang ajubile apalagi buat di kantong karyawan baru lulus kuliah macam diriku. Tapi karena kepingin sekali, jadi aku beli testernya di online shop dan yang namanya sampel ya gak berasa dan abis gitu aja. Terus akhirnya nemuin STE ini yang harganya jauh lebih murah dari FTE. Ketika aku pakai juga aromanya itu sama persis seperti FTE dan memang sekarang belum kelihatan sekali, cuma berasa kulit jadi lebih segar. Tapi tetap aku pakai karena ini investasi masa mendatang hehehe.. Semoga nanti abis nikah, rejeki (Kevin) melimpah dan bisa beli FTE :D

Lagi-lagi yang krim mata itu aku beli yang sampel di online shop. Kalau krim matanya bisa dipakai untuk 1-2 bulan tergantung pemakaian. Kalau harus beli yang botol gede, masih mikir-mikir lagi tentunya. Aku pakai krim mata karena kantong mataku besar T.T Padahal setiap hari udah tidur minimal 8 jam sehari. Kalau tidur kurang dari itu, bisa tambah gede lagi ini kantong mata.

Kecentilan no 2 : Perawatan Rambut
Dari dulu aku selalu concern sama rambut karena rambutku ini tipe yang tebel tapi megar dan agak ikal kayak singa, seriously. Pengen banget punya rambut yang lurus, lembut gitu. Tapi orang yang punya rambut lurus malah pengen punya rambut ikal megar kayak aku. Manusia memang gak pernah puas toh.

Walaupun rambutku ini cukup problem, tapi dari dulu aku gak pernah perawatan khusus. Creambath jarang banget karena ga betah duduk diem di salon 2 jam waktu habis gitu aja. Namun, semenjak rambut aku diwarnain buat foto prewed itu, ini rambut jadi tambah kering dan megar. Ampun deh.. Akhirnya mulai rajin hair spa sebulan sekali karena katanya kalau creambath itu gak guna sama sekali. Tapi ternyata hair spa sebulan sekali juga gak ngefek-ngefek amat. Aku mulai bete deh secara hair spa itu menurutku cukup ngebuang duit dan waktu. Terus orang salonnya bilang, kalau mau ngefek harus rajin hair spanya seminggu atau dua minggu sekali.

Males banget gak sih tiap minggu harus keluar duit dan ngabisin waktu 2 jam buat di salon aja. Kalau aku sih males karena semenjak kerja, aku merasa waktu weekend itu sangat berharga dan aku gak mau dihabisin untuk suatu kegiatan yang aku gak enjoy.

Sampai akhirnya diriku yang pintar ini mulai ngitung-ngitung. Kalau misalnya seminggu sekali hair spa itu kira-kira 120ribu rupiah, dikali empat jadi 480ribu rupiah. Sedangkan kalau aku beli hair mask merk paling bagus itu kira-kiranya sebotol harganya 500ribu rupiah bisa abis 3-5 bulan kalau dipakai seminggu sekali. Jelas banget kan mana yang lebih murah. Udah gitu kalau hair mask kan cuma sebentar gak sampai 2 jam. Abis keramas, pake hair masknya, lalu didiemin beberapa saat (harusnya lama sih tapi males lol), lalu dibilas selesai.

Akhirnya aku beli hair mask nya Kerastase yang ini,
dan beli conditioner yang ini,
Untuk yang conditioner udah aku pakai 3 bulan kira-kira dan masih banyak isinya. Maklum secara aku keramas itu seminggu cuma 2 atau 3 kali. Bukan jorok loh ya, tapi memang tipe rambut yang kering itu gak bagus kalau dikeramas sering-sering. Sedangkan hair mask baru aku pakai 1 bulan dan hasilnya udah kelihatan. Kalau conditioner itu melembutkan, tapi kalau ditambah rajin pake hair mask, rambutnya bener-bener terasa lebih sehat loh. Untuk shampoo sih pake merk biasa aja yang ada di supermarket :)

Elit banget sih pakenya merk Kerastase. Tapi kalau kalian rajin menghitung, beli Kerastase akan lebih worth daripada harus perawatan tiap minggu di salon.

Kecentilan no 3 : Perawatan Badan
Jujur, aku orangnya males mandi lol. Kalau mandi itu yang tipe-tipe sabunan seadanya terus udahan.

Nah aku itu punya cici sepupu yang setipe, males mandi juga haha.. Cuma bedanya dia rajin luluran makanya kulitnya mulus-mulus aja. Gara-gara ini, orang tuaku itu jadi cerewet soal luluran. Iya dua-duanya, mama dan papa cerewet soal kulit anak cewek satu-satunya yang mau merit ini.

Kalau aku pribadi sih males banget luluran 2 jam juga bok sama kayak hair spa dan harganya juga lebih mahal dari hair spa bok. Padahal kulitku juga biasa aja sih, makanya aku ngerasa gak gitu butuh luluran. Tapi memang cukup kering di beberapa bagian.

Jadilah, udah sebulan ini aku seminggu sekali alias 7 hari sekali luluran. Amazing kannn..

Semuanya bermula dari sepasang bapak dan ibu yang mengantar paksa anaknya di hari Minggu pagi ke tempat luluran langganan cici sepupu. Nama salonnya itu E Salon & Spa dan letaknya di dalam komplek perumahan. Begitu sampai disana, ketemu pula sama ownernya si tante cantik. Tante cantik ini bilang kalau perawatan pra nikah, paling bagus itu luluran seminggu sekali. Nanti kulitnya jadi putih, mulus, dan kinclong. Di salon ini juga ada paket beli 5 gratis 1 dan beli 10 gratis 2. Jadi kalau kita bayar paket 5x luluran sekaligus, maka akan dapat gratis 1x lulur dan tidak ada jangka waktunya. Yang penting setiap kita mau lulur harus bawa kartu yang dikasih dari salon buat di stempel.

Sampai hari ini, aku udah 4x luluran dan manfaat yang kelihatan itu, kulit jadi tambah mulus dan mengkilap hahaha.. Mungkin karena keseringan digosok discrub kali ya jadi bersinar wkwkwk.. Kayak iklan body lotion aja.

Untuk paketnya sendiri aku ambil yang 10 gratis 2 dan yang diambil di lulur scrub yang biasa. Biasa itu maksudnya yang scrub + massage pake kayak buah-buahan gitu. 1 level di atasnya ada lulur susu dan banyak lagi yang harganya makin ke atas makin mehong. Untuk lulur biasa harganya 125ribu dan biasanya aku nambah lagi 75ribu supaya bisa lulur susu yang katanya jauh lebih bagus dari lulur biasa. Jadi fleksibel aja, kalau lagi tanggal tua ya ambil yang biasa gak usah nambah lagi, tapi kalau rasanya lagi kebanyakan duit *minta ditabok wkwkwk* aku akan upgrade ke lulur susu. Nantinya aku pengen nyobain yang lulur coklat. Katanya bagus untuk menghilangkan strecth mark.

Gini-gini aku juga punya stretch mark loh karena dulu pas kecil aku itu gendut banget beneran gak boong XD

Yang aku suka dari E Salon & Spa ini, suasananya yang homey banget. Semua stafnya ramah, scrub + masssagenya mantap. Gak asal-asalan kayak yang suka ada promo di Groupon gitu dan yang paling aku suka adalah, setiap selesai luluran kita bakal dikasih air jahe dan makanan yang lagi dimasak hari itu. Makanannya enak-enak kayak mi goreng, nasi kuning, soto ayam dan semuanya maknyusss..

Aku mengakui kalau ini udah termasuk niat banget lulur seminggu sekali. Buat bride to be yang lain, sebulan sekali aja sepertinya udah oke kalau cuma mau mulus sesaat aja dan nyaman di kantong. Tapi kalau yang emang mau mulus beneran, ya harus rajin-rajin deh :)

Kecentilan no 4 : Diet
Semua bride to be dengan segala ukuran tubuhnya pasti bakalan diet untuk hari H-nya. Sama juga dengan diriku, walaupun kalau secara berat badan masih normal, tapi rasanya gak afdol kalau mau nikah tapi gak diet.

Ngomong sih gampang MAU DIET. Tapi melaksanakannya itu susah banget karena makin deket ke hari H, nafsu makan malah makin bertambah. Rasanya tiap saat itu laper mulu. Kalau diitung-itung bisa 2 jam sekali aku laper. Parah... Sangat... Tapi entah kenapa, berat badan gak turun itu udah pasti, tapi gak naik juga. Senang sih, tapi aku rasa gak bakal selamanya begini. Mungkin ini karena makin deket hari H, makin banyak yang dipikirin dan dikerjain. Makin banyak mikir, makin sering laper hihi..

Aku itu termasuk cewek yang makan dengan porsi besar. Jadi aku pengen diet yang senyaman mungkin tanpa mengganggu apa yang aku suka. Susah gak tuh mau diet tapi tetep mau makan sepuasnya wkwkwk.. Dan aku bertekad kalau udah H-2 bulan, aku bakal serius diet ala Tashya. Mau tau tips diet ala Tashya? Aku pernah nyoba diet dengan beragam cara, tapi gak dengan obat diet ya guys. Aku gak menyarankan sih obat diet itu karena aku pernah minum yang namanya teh daun jati cina dan efeknya itu aku mules parah kapok deh pokoknya.

Diet yang biasanya aku lakukan itu adalah diet gak makan malam. Ini paling efektif buat yang mau ngempesin perut buncitnya. Seminggu gak makan malam aja udah langsung kelihatan hasilnya. Untuk makan pagi dan makan siang dengan porsi biasa. Tapi akan lebih bagus lagi kalau makan paginya diganti makan buah aja dan makan siangnya pake nasi merah tambah buah.

Mau yang lebih efektif lagi? Aku pernah ngelakuin yang namanya diet buah. Seriously, aku cuma makan buah-buahan doang. Jenis buahnya juga terbatas, seperti apel, melon, pepaya, buah naga. Kalau bosen tapi masih laper, biasanya aku tambah sayur-sayuran rebus atau tumis dengan garam super sedikit. Seminggu aja kayak gini, udah rata deh itu perut. Cuma ya ini ekstrim sih dan aku gak menyarankan untuk dilakukan karena kalian bakal lemes banget.

Olahraga? Hmm.. Kalau Kevin bilang, aku itu tipe orang yang gak ada motivasi buat olahraga. Padahal ya, udah dari 6 bulan yang lalu cari-cari dan nanya-nanya sama Gold Gym dan Celfit. Cuma gitu deh yang namanya gak ada motivasi ya gak jalan-jalan. Jadi yang aku bisa lakukan sekarang cuma menjaga makan aja. Males aja udah bayar iuran bulanan, tapi datengnya cuma 1-2 kali sebulan kan buang-buang duit.

Kira-kira seperti itu lah rangkaian perawatan yang aku lakukan. Bagaimana denganmu? :)


14 comments:

  1. aih aih aih cantik cantik ternyata jorokkkk yah kamuuuu wkwkwkwkwkwk...Males mandi...
    Hahahha ga d, masi wajar wkwkwkwk :P
    Tapi jangan males males, ntar nyesel kaya cc huahahahahaha. dulu pas muda boro boro pake sunblock, ngerawat muka ato facial an... skarang flek na bandel ga mo ilank, kalo rajin facial flek na bisa ilank, skarang jalan satu satunya cuman bisa d laser, tapi mahal hhuhuhuhu.
    Untunglah kamu masi muda hehehe , rawat dari sekarang.
    oh iyah jangan minum daun jati cina hahahaha sebagai penjual nya aza kita selalu gak anjurin, tiap ada yg beli, kita slalu bilangin jangan kalo bisa hehehehe. daun jati cina itu di pakai hanya pada saat saat perlu, gak pup beberapa hari. bukan obat diet, tapi org indo menyalah gunakannya. kalo mau kurus emank harus olahraga...cuman kok enakkan tidur makan tidur makan nonton got sambil makan tidur grok grok grok yak wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk ketauan deh...
      waduhh iya ci flek itu gak bisa diilangin ya. Katanya kalo pake setrika muka itu bisa ci?
      iyaa dulu kan pernah tuh ngetren si teh jati cina ini, terus aku cobain. Parah deh gak mau lagi :(
      ada yang bilang kalo tidur itu juga bakar kalori kok ci huahaha..

      Delete
    2. waduh setrika muka apa ini hahahaha ketinggalan...google ahhh wkwkwk

      Delete
  2. Perawatan penting! bukan perawatan yang mahal-mahal sih, tapi lebih ke arah daily skincare yang simple tapi efeknya bisa dirasakan seumur hidup. Hehehe. Aku sendiri juga nyesel banget gara-gara dulu cuek bebek jerawat didiemin sampai sekarang susah ngobatin fleknya. Tapi puji Tuhan nya udh berkurang jerawatannya, karena jaga makan! Sekalian diet pula. Olahraga sih Tash yang paling penting, tapi ya itu loh, kumpulin niatnya susaaaaah banget. akhirnya cuma jaga makan juga sama kayak kamu, tapi lebih bagus kalau olahraga ya. Aku sekarang suka WO di rumah (padahal ada gym membership) ikutin Insanity. Tapi capek super sih itu, jadi setengah setengah ngikutinnya. Hahaha. Setuju kalau ga makan malam cara paling efektif. Tapi kalau ada maag, sebaiknya ttp makan, dikurangi porsinya dan makan sebelum jam 6. Atau diganti buah-buahan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya aku lupa, jaga makan itu penting banget ya. Apalagi aku masih demen sama gorengan n kacang2an.
      Haha iya olahraga harusnya udah paling bener buat ngencengin badan juga. Rencananya sih mau fitnes abis nikah aja, pengen ngencengin perut supaya kalo abis hamil, gak melar2 amat haha.. wah kamu bisa ikutin insanity? Kerennn
      Iya betul jadi kalo diet gak makan malam boleh asal seimbangin juga kalo ada sakit maag ya

      Delete
  3. Huahaha good2 tashya mulai perawatan diri, sejak jd bride to be ak juga lebi aware soal kecantikan XD hihi. Kayaknya perlu bikin juga postingan ttg merawat diri :D

    Kalo ak dulu juga cuek bgt, gk suka mandi juga, kalo cuci muka jg cm pake sabun di supermarket XD sekarang ud mulai mentingin diri. Dulu sempet naksir sama SKII jg tp naujubileh sm harganya yg ada ntr gk makan lg. oiaa beli sampel gt di ol shop mana tashya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo posting juga dong tentang perawatan centil-centilnya :D

      iya sekarang aku baru sanggupnya beli yang sample size. Hmm biasa aku cari di bukalapak sih Nie, terus banding-bandingin olshop mana yang harganya murah. Jadi nama storenya apa juga aku lupa hehe.. Kadang beli sama olshop A, trus besok olshop B turun harga jadi pindah-pindah belinya. Rata-rata semuanya asli sih selama ini.

      Delete
  4. HAHAHA... ternyata ga cuma aku doang yg males mandi :p
    kalo aku, jjur aja, cm mandi shari sekali.. biasanya pagi, soalny kalo malem suka kemaleman pulangny, trs di rumah jg ga ada water heater.. jorok ya hahaha tapi kalo lagi keringetan dan super lepek, aku jd pengenny mandi terus, ga naahhaan..
    abis baca postingan km, jd kepengen mulai rajin perawatan nih sbelum hari H, rajin maskeran muka, dan luluraan lagi.. dulu rajin luluran sebulan sekali ke salon gtu, cm akhir2 ini uda bolong2 terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee ada juga yang malas mandi XD
      Samaaa banget aku juga biasanya sehari sekali. Pulang kerja cuma cuci muka, bersih-bersih dikit terus tidur XD Iya tergantung sikon juga kalo keringetan, pasti mandi lagi juga. Oiya aku gak kepikiran tuh maskeran muka, kayaknya oke juga. Lumayan lah berarti kamu udah ada investasinya dulu rajin lulur, sekarang tinggal dilanjutin lagi aja sebulan sekali :D

      Delete
    2. Haha sama bangett.. ak klo pulang kerja jg jrg mandi lg paling bersih2 cuci muka tangan kaki. Apa smua cewe2 gitu y? Lol

      Delete
    3. Klo aku kebalikan dr kalian semua, mandinya malem aja setelah semua aktifitas trs tidur besok paginya cuma mandi koboy. :))) Setelah baca2 mandi kyk gitu mirip kebiasaan mandi org jepang lho hahahaha berasa bnyk tmn jdnya hahaha

      Delete
    4. Ternyata banyak juga ya yg begitu.. Kirain saya doang hehe.. Abis mandi kemaleman juga ga sehat kan. Pembelaan ceritanya XD Cuma ya kalo mandi malem itu enaknya lebih segar n enak tidurnya

      Delete
  5. Hai tashya salam kenalll. baca blog mu jadi ingett haruss ngurus badan ya bukan ngurus merried ajaa.. hhahahaha diet niee susah banget ngupulin niat nyaa ngmg sih mau diet bsk balik lagi :( hahahhaa
    perawatan muka sekarang pake apa tash?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo salam kenal juga.. Dipanggilnya mona bukan? Hehe.. Iya jgn sibuk ngurusin weddingnya aja, tapi sekalian rawar badan biar cetar pas pake gaun hahaha.. Buat muka aku campur sih, pake faceshop yg tea tree, STE secret key, vitamin c nya body shop ini baru nyobain terus enak. Kalo kamu pake apa? :)

      Delete