Friday, January 29, 2016

Choosing Wedding Bouquet

Hai hai.. Kali ini mau membahas soal wedding bouquet. Aku gak dapet wedding bouquet dari bridal, jadi harus cari lagi di luar. Biasanya dari dekorasi bisa menyiapkan buket buat kita dan corsage untuk keluarga. Oiya, aku pakai Evlin Decoration karena dia salah satu rekanan dari venue aku. Nanti akan kubahas di posting yang berbeda.Tapi, karena aku menikah di bulan September (bulan super rame) jadinya Evlin gak bisa menjanjikan buket dan corsage itu.

Mulailah aku cari-cari buket bunga di instagram dan nemu beberapa yang kayaknya cocok sama selera.
1. Atrina Colours
Lebih dikenal dengan nama Atrina Soendoro. Pertama kali tahu Atrina dari rekomendasi sepupu. Katanya harga buket murah, tapi bunganya bagus-bagus.
source: instagram
Kalian bisa lihat portofolionya dari instagram @atrinasoendoro .  Di contactnya kalian bisa lihat ada pin BB, whatsapp dan LINE id. Dari tiga itu, yang di respon cuma dari LINE. Jadi, kalau kalian mau nanya-nanya bisa melalui LINE saja. Responnya agak lama. Mungkin karena beliau itu sendiri dan sibuk banget. Dia pernah bilang kalau dia bales chat aku sambil bikin bunga. Baik banget kaaan..
source: instagram
Paketan dari dia cuma ada 1, yaitu Rp 1.200.000,00 untuk tahun 2016 dan yang didapat:
- 1 bouquet
- 1 groom boutonniere
- 2 corsage papa
- 1 cadangan (corsage)
- delivery Jakarta area 24 jam

Sedangkan harga bunga untuk bridesmaid:
- Rp 550.000,00 untuk 1 small bouquet regular flowers.
- Rp 350.000,00 untuk 1 small bouquet baby breath flowers.
- Rp 250.000,00 untuk hand wrist corsages flowers.

1,2 juta itu harga flat ya pemirsa. Jadi, kalau mau pakai bunga lokal atau bunga import, mau pakai 1 tangkai (ya keleus) atau 20 tangkai, mau pakai mawar atau peony itu harganya sama aja.
Kelebihan lainnya, dia bisa menyediakan bunga peony yang mekarnya super cakep. Kebetulan aku suka banget sama peony.
source: instagram
Tapi sayang sekali, bulan September itu peony lagi gak musim :( say good bye deh sama bunga ini. Musim peony itu di bulan Juni dan Juli. Sedangkan untuk bulan September bunga mawar dan lily lagi cakep-cakepnya. Bagi kalian yang nikahnya di bulan-bulan ini dan pengen pakai peony, aku rekomendasiin sama si Atrina ini karena dimana lagi dengan 1,2 juta bisa dapat buket peony yang katanya diluaran sana 1 tangkai peony harganya mencapai 200 ribu rupiah.

Ketika tante Atrina ini bilang tanggal yang aku mau masih available, langsung deh aku DP 50% untuk tag tanggal tanpa mikir lama-lama lagi. Soalnya dia ini ramai banget loh. Oiya, kalau misalnya suatu saat kita cancel, uang DP akan dikembalikan 100% ke kita. Kurang baik apa coba tante Atrina ini.

Sebelum deal dengan Atrina, ada beberapa florist juga yang sempat kulirik,
2. Twigs and Twine
source: instagram
Kalian bisa cek di instagramnya @twigs_and_twine . Bagi yang pengen buket bunga dengan tema rustic romantic, bisa coba liat twigs and twine karena desain-desain bunganya ke arah sana. Kebetulan aku suka buket yang banyak unsur daun hijaunya gitu.
source: instagram
Price list 2016 dari mereka adalah:
Bridal bouquet starts at 2.500.000
Bridesmaid bouquet starts at 750.000
Groom corsage starts at 200.000
Groomsmen/Father/Brother corsage starts at 150.000


Harga tergantung dari tingkat kesulitan, jenis bunga, dan musim tidaknya bunga tersebut.
Jujur saja, aku paling takut sama yang namanya price starts at. Karena pasti ujung-ujungnya harga bakal melambung tinggi ke awan. Wkwkwk lebay.. Tapi begitulah kenyataannya.
Hanya saja setelah dilihat-lihat lagi, model buket seperti ini cocoknya kalau kita paka gaun yang simpel, model mermaid atau A-line yang tidak terlalu megar. Coba aja kita bayangin kalau bajunya model ball gown yang wah, terus bunganya model seperti gambar di atas. Menurut pendapatku, nanti jadi saling adu megar antara baju sama bunga.

3. The Coppelia
Sebagian besar dari kalian pasti tahu sama yang satu ini. Semua buket bunganya itu menggunakan fine artificial flowers (copas persis kata-kata dari marketingnya). Base dari coppelia ini di Singapura. Buket bisa kita ambil sendiri di Singapura atau setiap akhir bulan di Jakarta.
source: instagram

Berikut harga-harganya untuk 2016:
1. 1 piece of round broochbouquet with premium artificial flowers & crystal brooches is @Rp 5jt IDR
2. 1 piece of cascade broochbouquet with premium artificial flowers & crystal brooches is @Rp 5,8jt IDR
3. 1 piece of groom boutonniere with selected miniature is @Rp500,000,-
Kalau aku perhatikan di instagram, banyak bride yang pakai Atrina untuk morning bouquet dan Coppelia untuk evening bouquet. 
source: instagram
Kelebihannya pakai artificial, buket bisa kita pajang jadi ada kenang-kenangan. Bagus sih memang, tapi dipertimbangkan dulu deh karena kebutuhan wedding lain masih banyak *cry*

4. Bloomine.id
Option lain selain coppelia kalau misalkan tetap mau pakai 2 buket bunga, aku tertarik sama bloomine ini. nama instagramnya @bloomine.id .
Harga buket start di Rp 1.000.000,00 dan untuk groom Rp 85.000,00 . Tertarik sama bloomine karena nuansa bunga yang diberikan itu kebanyakan model-model romantic dan ada kesan rusticnya juga.
Suka deh sama buket bunga yang banyak daunnya.

Sekian dulu postingan mengenai buket bunga. Untuk buket bridesmaid dan corsage keluarga belum deal dimanapun karena masih dipikirkan. Kebanyakan mikir nih. Hehehe..

Semoga informasi yang aku berikan cukup berguna yaa :)





8 comments:

  1. Pilih2 bunga emang selalu menyenangkan yaa :)

    Ak pilih artifical karena lebih ringkas dan gausa takud layu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya kamu pake lux floral design ya nie?

      haduh aku lupa nanya2, udah keburu deal sama atrina. Baru liat ig nya, bagus-bagus banget yaa jadi mupeng.

      Delete
    2. Iyaa tashya ak pake lux :) hehe

      Delete
  2. haiii,, salam kenal,,
    kamu nikahan sept juga ?
    aku juga sept nih..
    naksir berat juga ama peonia..
    akhirna kamu pake apa aja bunga nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal :)
      wah september juga ya, gimana persiapannya?
      aku belum milih mau pake bunga apa aja jadinya.
      Masih boleh mikir2 kok sampai H-1 bulan, yang penting tag tanggal dulu hehe
      Siapa tau nanti ada peony di bulan September *masih ngarep*

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. hi selamat siang , aku mau tanya waktu kamu pakai atrina deg2an ga on time bunganya? ada yg bilang deg2an pake dia. tapi bunga bagus2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, aku belum tahu Atrina reviewnya gimana karena baru deal DP aja. Kalau WO aku bilang, Atrina itu suka mepet2in waktu. Jadi kita harus siasatin waktunya. Misal kamu mau pake dari pagi jam 10, kamu bilang acaranya mulai jam 8 pagi aja haha.. tapi iya bunganya bagus2 dan awet :)

      Delete