Wednesday, December 14, 2016

Hai Kamu, iya Kamu :)

Hai kamu yang masih seukuran buah anggur. Makasih ya udah bertahan sampai saat ini. Semoga kamu sehat-sehat terus dan tumbuh kuat sampai kita ketemu nanti :)

I'm 9 weeks pregnant now. Rasanya hepi, bersyukur dan yang pasti gak nyangka. Apalagi waktu itu keadaannya aku lagi cukup stres karena banyak hal. Ditambah kesotoyan pas ngitung tanggal subur yang ujung-ujungnya ternyata salah lol. Tau salahnya itu setelah temen kasih tau untuk download aplikasi yang bisa ngitung masa subur gitu-gitu.

Sampai akhirnya di suatu sore tanggal 13 November 2016, si "merah" itu datang juga. Bulan sebelumnya, aku haid di tanggal 15 dan biasanya aku punya siklus yang cukup teratur, kalaupun telat itu 2-3 hari aja. Pas tanggal 13 itu sebenernya masih kecepetan dua hari dan mikir mungkin karena lagi cape makanya dateng lebih cepet. Apa kebalik ya? Harusnya kan kalo lagi cape, datengnya malah lebih telat. Hmm biarin lah gak usah dipikirin hehe..

Jadi tanggal 13 itu aku bilang ke Kevin kalo udah dapet dan bilang coba lagi bulan depan hihi.. Biasanya kalo malem pertama pas lagi dapet, tidur gak nyaman karena pinggang rasanya kayak lagi diremes-remes gitu. Tapi aku inget banget tanggal 13 malem itu aku tidurnya nyaman-nyaman aja, gak sakit pinggang segala. Pas paginya bangun langsung mau mandi siap-siap ke kantor dan liat pembalut kok bersih sih gak ada si "merah"nya. Terus jadi mikir apa mungkin ini sesuatu kah. Karena sebelum-sebelumnya aku udah pernah kepo googling dengan keyword "tanda-tanda kehamilan 1 minggu" dan salah satunya itu keluar flek warna merah kecoklatan. Emang sih seinget aku juga pas tanggal 13 itu yang keluar warnanya agak gelap, gak kayak yang biasa.

Abis dari itu aku diem-diem aja gak mau coba pake test pack karena takut di PHP-in. Aku berniat nungguin sampai lewat beberapa hari dari tanggal 15 dulu. Sampai di tanggal 16 pagi aku gak sabaran akhirnya bangun tidur langsung nyoba pake test pack yang cuma ada satu-satunya itu. Nungguin hasil test packnya cukup bikin deg-degan dan akhirnya muncul dua garis cukup jelas, gak samar-samar. Jujur aja aku gak ngerasa yang bahagia gimana banget. Rasa seneng itu ada, tapi sekedar seneng terus ya udah gitu. Mungkin karena aku emang lagi ada tekanan ujian dan mikirin papa yang masih sakit. Aku mandi cepet-cepet, balik ke kamar dan kasih tau Kevin hasil test packnya. Reaksi dia juga gak yang gimana banget, dia cuma ngeliatin itu test pack terus-terusan, bongkar-bongkar bungkus dan melototin petunjuk pemakaiannya. Mungkin supaya meyakinkan kalo dua garis itu artinya positif hamil. Baru deh abis itu dia seneng senyum-senyum gitu.

Saat itu juga aku telpon mama aku yang emang nungguin papa di rumah sakit dan kasih tau kabar gembiranya. Mereka ya tentu aja seneng dan aku juga minta ke mama untuk nanya-nanya dokter kandungan disana. Waktu itu papa dirawat di Siloam Kebon Jeruk. Kevin juga langsung ke kamar mami papi kasih liat hasil test pack yang dua garis itu. Pokoknya kita bilang ke mereka untuk gak kasih tau sodara-sodara yang lain dulu. Tapi yang namanya orang tua ya gitu, ada juga yang mereka kasih tau. Apalagi si papa yang kasih tau ke semua orang baik sodara maupun temen-temen yang datang nengokin.

Tanggal 16 itu juga malamnya aku langsung konsul ke salah satu dokter kandungan rekomendasi di Siloam. Pemeriksaannya cepet banget. Begitu datang ditanya tanggal terakhir haid sama tanggal menikah. Aku gak ngerti sih ditanya tanggal menikah ini buat apa. Apa dokternya sekepo itu pengen tau ini hamil setelah menikah atau karena DP duluan lol. Abis itu langsung di USG luar dan ada hasilnya setitik gitu. Kata dokter emang kehamilannya masih baru banget itungannya baru 4 minggu lebih dari tanggal terakhir haid, jadinya masih gak gitu keliatan. Tapi dia meyakinkan kita kalo betul hamil dan aku dikasih obat penguat janin dan asam folat. Abis itu aku nanya kalo seminggu lagi bakal pergi ke Guangzhou itu masalah apa gak. Dokternya bilang ga masalah asal di pesawat sering-sering jalan aja dan banyak minum air putih.

Iya tanggal 25 November itu aku, Kevin dan mamer emang mau ke Guangzhou. Kita udah beli tiket jauh-jauh hari dari sebelum aku nikah. Kalo baca-baca di internet sih hampir 90% bilang gak boleh pergi naik pesawat dulu, kalopun boleh harus yang durasi penerbangannnya itu maksimal 2 jam aja, padahal dari Jakarta ke Guangzhou itu 5 jam. Tapi kita yakin aja kalo gak bakal kenapa-kenapa nantinya.

Aku sendiri sampai saat itu gak ngerasa mual, cuma rasanya makan kok gak kenyang-kenyang dan aku mulai sering makan malem kayak di atas jam 9 malam gitu. Padahal dulu, aku cukup jarang makan malam di atas jam 7. Alhasil ya aku berasa gendutan dan yakin banget gendutnya itu bukan karena hamil, tapi karena lemak lol

Masalah pun mulai terjadi di tanggal 21 November. Aku sendiri bakal ikut ujian profesi di tanggal 23 Nov dan dapet jatah cuti yang sebutannya study leave sebanyak dua hari yang aku ambil di tanggal 21 dan 22. Jadi tanggal 21 dan 22 Nov kemarin itu aku full belajar di rumah. Di tanggal 21 ini, aku mulai keluar flek, padahal sebelum-sebelumnya gak pernah, cuma sekali yang tanggal 13 itu. Kalo yang tanggal 13 itu aku yakin keluar flek karena proses penempelan kantung janin ke dinding rahim, tapi kalo kata google, harusnya flek gak bakal keluar lagi setelah itu. Sempet ada rasa khawatir sedikit dan Kevin bilang mungkin itu flek karena aku belajarnya terlalu stres.

Akhirnya malam itu juga aku ke dokter kandungan lagi, tapi kali ini kita ke Prof Endy Moegni yang hari itu praktek di RS Royal Progress. Sebenernya dokter yang di Siloam itu cukup oke sih, cuma pas pertama konsul kok rasanya dia cepet-cepet banget dan jadi berasa kehamilan ini nothing special gitu. Mami mertua akhirnya daftarin aku ke Prof Endy Moegni yang dulu pernah nanganin operasi miomnya si mami. Kalo aku sendiri sih dokter kandungan mana aja gak masalah, karena aku juga bukan tipe pasien yang suka nanya dan pengen dapet penjelasan panjang lebar atau yang pengen dokternya itu murah senyum perhatian dkk. Cuma awalnya kurang sreg aja karena Royal Progress yang cukup jauh dari rumah. Mikirnya kalo mau butuh ke rumah sakit cepet kan susah takutnya. Tapi ya udah untuk cek ini dicoba dulu aja.

Dokternya sendiri udah cukup tua, gak banyak omong tapi aku suka sama pembawaannya yang tenang. Pertama kali konsul ditanya tanggal terakhir haid dan tanggal menikah juga. Abis itu langsung disuruh buka celana buat diperiksa dalem. Aku kan gak ngerti apa-apa ya. Cuma berasa aneh kenapa harus buka celana dan duduknya kok ngangkang wkwkwk.. Akhirnya aku ngerasain untuk yang pertama kali rasanya diperiksa dalem. Awalnya sempet takut juga pas pertama liat alatnya. Cuma kalo kita rileks emang gak bakal sakit kok.

Hasilnya masih gak jauh beda dari yang di Siloam. Cuma baru keliatan kantongnya aja, tapi ukurannya udah lebih besar dari yang pertama USG. Sama juga aku dikasih obat penguat janin dan asam folat, tapi merk obatnya beda sama yang dikasih dari Siloam. Mami bilang untuk minum obat dari Prof Endy Moegni aja, yang Siloam gak usah dilanjutin lagi. Aku disuruh balik dua minggu lagi dan dokternya juga bolehin aku untuk pergi ke Guangzhou. Abis itu aku sempet nanya, "jadi flek ini gak apa-apa kan ya dok?". Dokternya jawab,"ya semoga gak kenapa-kenapa ya". Jawabannya sama sekali gak bikin aku tenang XD

Dan dimulailah hari-hari mendebarkan karena setiap hari pasti aku flek. Sedih loh rasanya, apalagi googling-googling kalo flek terus-menerus itu mengarah ke keguguran. Pas di Guangzhou juga fleknya dalam sehari bisa 3-4 tetes karena disana aku banyak jalan kaki. Yang meyakinkan aku kalo semuanya masih baik-baik aja itu pernyataan di Google yang bilang selama gak ada gumpalan darah yang keluar, berarti masih aman. Pokoknya selama dari awal tau hamil sampe sekarang, semuanya aku cek dari Google. Sampai suatu hari keluar gumpalan darah kecil kira-kira seukuran 0,5 mm. Langsung lemes lah aku dan gak berani bilang ke Kevin karena kalo bilang pasti aku dimarain dan disuruh bedrest gak boleh kemana-mana.

Emang sih aku akuin kalo aku masih cukup bandel karena gak mau disuruh bedrest padahal flek keluar tiap hari. Akhirnya itu gumpalan darah aku perhatiin terus, aku tarik-tarik buat mastiin kalo itu emang cuma darah, bukan jaringan atau daging atau apalah huhu serem..

Pulang dari Guangzhou pun aku masih keluar flek, cuma jumlahnya udah berkurang dan sempet keluar gumpalan darah kecil lagi. Tapi aku mutusin untuk nunggu sampe tanggal konsul selanjutnya aja baru cek ke dokter lagi.  Jadwal konsul selanjutnya ada di tanggal 5 Desember dan seperti biasa konsulnya malem.

Pas tanggal 5 itu, aku banyak googling di kantor soal flek-flek itu lagi, baca-baca cerita orang yang kebanyakan berujung ke keguguran. Terus sampe nemu satu website yang isinya cerita-cerita dari orang yang pernah ngalamin keguguran dan ada foto-fotonya pula yang dari keguguran 4 minggu sampe berapa bulan. Sungguh aku berasa bego banget ngebacain begituan di hari mau konsul ke dokter.

Jujur aja konsul yang kedua itu gak ada rasa excited karena mau ngeliat perkembangan janin, tapi aku malah takut banget. Takut kalo pas diperiksa udah gak ada apa-apa dan sebagainya. Akibat baca website soal keguguran itu, aku sampe nahan nangis di ruang tunggu karena aku bener-bener takut kalo pas diperiksa udah gak ada apa-apa lagi. Rasanya takut dan pasrah karena di hari itu aku masih keluar flek. Jadi pelajaran buat kalian, jangan bego bacain website yang aneh-aneh di hari mau konsul dokter.

Sebelum ketemu dokter, suster nimbang berat badan dan ukur tensi terlebih dahulu. Aku syok banget pas liat timbangan masa udah naik 8 kg aja gitu. Langsung protes dong ke susternya dan ternyata emang timbangannya rusak wkwkwk.. Tapi kenyataannya berat aku udah naik 2,5 kg. Ini termasuk parah sih karena yang aku baca-baca di Google, biasanya usia 7 minggu itu, berat masih stabil bahkan banyak yang turun karena mual-mual gak nafsu makan, kalopun naik normalnya cuma 1-1,5 kg aja. Langsung deh abis itu aku ngomel-ngomel ke Kevin ini gara-gara dia dan semua orang suruh aku makan mulu. Aku bilang kalo aku gak suka disuruh-suruh makan mulu, makanya sekarang jadi gendut kan lol

Gak lama setelah itu kita dipanggil masuk. Langsung lupa segala urusan berat badan dan mulai lemes deg-degan lagi. Aku terus berdoa dalam hati supaya diberi ketenangan. Seperti yang pertama, Prof Endy Moegni ini langsung periksa dalem, gak ada usg dari luar. Begitu masuk alatnya, langsung dicari-cari janinnya dan ketemu. Kantongnya udah cukup besar dan di pinggirnya keliatan ada makhluk kecil yang jantungnya berdegup-degup. Wah aku bener-bener lega banget ngeliat itu. Rasanya amazed banget ngeliat jantung kecil itu gerak-gerak. Abis itu si dokter kasih denger aku suara detak jantungnya. OMG rasanya lebih bahagia lagi dan aku nahan nangis terharu pas pertama kali denger detak jantungnya.

Dokter bilang kalo semuanya baik dan janinnya udah terbentuk. Karena masih keluar flek, aku tetep dikasih obat penguat janin, asam folat dan tambahan zat besi. Dua minggu lagi aku disuruh balik tapi kali ini konsul ke kliniknya Prof Endy Moegni di Menteng karena disana mau liat babynya dengan USG 4D.

Selesai konsul hari itu aku rasanya lega banget dan gak mau baca cerita-cerita keguguran lagi. Sejak saat itu juga aku lebih bertekad untuk jaga diri, gak lari-lari, gak sering-sering jalan jauh kalo makan siang, gak lompat-lompat dkk. Aku suka banget refleks jalan sambil lompat-lompat kecil soalnya.

Gak sabar untuk konsul yang selanjutnya. Semoga kamu tumbuh dengan baik ya dek :D
hai kamu yang waktu itu masih 7 minggu :)

Thursday, November 24, 2016

Sangjit Waktu Itu + Review

Sangjitnya udah lewat kapan, bahasnya baru sekarang. Gapapa dong ya, yang penting ditulis. Jadi ceritanya, aku dan Kevin sepakat untuk mengadakan sangjit di dua minggu sebelum hari H. Biasanya sih sangjit itu seminggu sebelum hari H dan kita milih dua minggu simpel aja, karena takut banyak hal lain yang mesti diurus pas seminggu sebelum hari H.

Sebagai salah satu tradisi turun menurun, aturan buat sangjit ini ada macem-macem dan gabungin pendapat semua keluarga jadi satu itu jujur lumayan bikin pusing. Ada sangjit menurut orang khek, menurut orang hokkian dan menurut orang lainnya. Aku aja baru tau loh, kue-kue manis yang ada di nampan sangjit itu isi dan jumlahnya beda, tergantung kita pake cara khek atau hokkian. Disini aku gak bakal bahas soal perbedaan aturan macem-macem itu. Aku cuma mau share tata cara yang kemarin ini dipake.

Pertama, jumlah nampan yang dipakai untuk tukeran adalah 12 nampan yang harus dibawa oleh 6 pasang suami istri dari pihak laki-laki dan diterima oleh 6 pasang suami istri dari pihak perempuan. Diutamakan suami istri yang dituakan dan keluarganya harmonis. Lalu ada tambahan lagi 2 orang yang statusnya belum menikah untuk bawa kue mangkok ukuran jumbo.

Kedua, sangjit boleh diadakan di rumah pihak perempuan atau di tempat selain rumah pihak perempuan, misalnya restoran. Jika diadakan di rumah pihak perempuan, maka orangtua laki-laki gak boleh dateng. Orangtua pihak laki-laki hanya boleh datang apabila sangjit tidak diadakan di rumah pihak perempuan atau kalo tukar nampan di rumah pihak perempuan dan selanjutnya keluarga pergi ke restoran untuk menjamu keluarga pihak laki-laki. Itupun baru boleh dateng pas di restorannya aja. Bayangkan kalo aku dan Kevin baru tau ada aturan kayak gini kurang dari seminggu sebelum sangjit. Heboh dong kita. Secara yang bikin aturan ini keluarganya Kevin yang ada di daerah, yang kalo gak dilakuin, mungkin mami papi Kevin bakal diomongin sama mereka. Tapi, menurut pihak keluarga aku, gak sopan lah. Istilahnya mau ngawinin anak dan silahturahmi ke pihak perempuan, tapi kok orangtuanya malah gak dateng. Si papa ampe rencana mau pindahin venue ke restoran Furama Kelapa Gading, tapi akhirnya gak jadi.

Ketiga, barang-barang punya aku maupun Kevin, semuanya dicampur jadi satu di 12 nampan itu. Maksudnya, dalam 1 nampan isinya campuran barang aku dan Kevin. Aku bahas ini karena ternyata banyak juga yang bingung, apakah barang cewe dan cowo harus dipisah masing-masing 6 nampan. Atau ada juga yang dari awal cuma ada 3 pasang yang serah-terima nampan. Pas bagian serah-serahan, 6 nampan itu isinya barang cewe semua dan pihak cewe udah siapin 6 nampan lagi yang isinya barang cowo semua. Jadi pas bagian balikin, pihak cewe balikin 6 nampan yang udah disiapin itu. Kalo milih mau pake cara apa sih menurut aku pilih yang paling praktis aja buat kalian. Alasan aku campur barang aku dan Kevin dalam 12 nampan, supaya yang serah terima di awal dan akhir itu tetep jumlahnya 6 pasang. Kalo misalnya kita pisah sendiri-sendiri, nanti yang dibalikin gak mungkin jumlahnya 12 nampan lagi. Atau kalo misalnya pake cara terakhir yang 3 pasang itu, nanti keliatannya jadi cuma ada 6 nampan doang.

Keempat, isian nampan sangjit kemarin:
Nampan 1: uang susu, uang pesta dan perhiasan.
Nampan 2: minuman anggur dan lilin gede masing-masing sepasang.
Nampan 3: leci kaleng dan longan kaleng masing-masing 12 biji.
Nampan 4: maling kalengan 12 biji, karena gak ada yang doyan kaki babi.
Nampan 5: kue-kue dan permen manis
Nampan 6: apel 12 biji.
Nampan 7: jeruk 12 biji dan anggur (gak itung berapa biji lol).
Nampan 8: sepasang handuk.
Nampan 9: perlengkapan dandan dan mandi Tashya.
Nampan 10: baju Kevin dan Tashya.
Nampan 11: tas, belt, dompet cewe cowo.
Nampan 12: sepatu cewe cowo dan perlengkapan mandi.








Untuk yang anggur lilin dan kue manis itu aku beli jadi di Glodok. Ada 1 toko langganan si mami yang namanya itu aku gak tau apa. Tempatnya ada di gang yang nembus ke sekolah Ricci. Gang yang ada banyak tukang jualan cempedak goreng dan ketoprak enak itu tuh.

Kalo buah, aku langsung bawa nampan kosong ke tukang buah, nanti mereka yang susun dan langsung di wrapping kayak yang di foto. Sisanya, aku dan Kevin yang susun sendiri karena aku mau ribet, beli nampan dan bunga palsu di Mangga Dua, motong-motong bunga sama nentuin itu nampan mau diisi apa aja ribet.

Untuk susunan acaranya sendiri standar aja kok. Keluarga pihak cowo yang bawa nampan dateng dan serahin nampan ke pihak cewe. Abis itu ngomong-ngomong dan perkenalan keluarga, ini tantenya Kevin, ini anaknya omnya Kevin yang kedua, ini cucunya tantenya Kevin yang rumahnya disana. Gitu-gitulah intinya ramah tamah. Setelah itu, acaranya tentu makan-makan.

Keluarga aku sendiri gak masak dan kita pesen dari Heryadi's Catering. Kita pesen paket untuk 100 pax, dapet 5 sayur dan free nasi goreng, dessert puding, es buah, kue-kue dan dapet dekor bunga yang lumayan bikin cantik.
lagi pada bungkusin makanan yang gak abis
dessert corner
Dari dulu kita sekeluarga emang paling cocok sama makanannya Heryadi's ini. Ada dua mas-mas juga yang dari pagi udah nata meja, kain, makanan, dan bersih-bersihin piring. Walaupun cuma berdua, tapi kerjanya sigap loh. Tante yang punya juga baik, aku dikirimin semua model-model dan warna kain yang kira-kira bagus buat sangjitan. Intinya, pelayanan mereka tetep oke walaupun istilahnya aku cuma customer kecil, bukan yang kawinan gitu. Tambah puas deh sama Heryadi's.

Ribetnya sangjitan di rumah, ukuran rumah yang terbatas dan meja yang terbatas. Jadi ya semua orang makan sambil megang piring deh. Beda sama di restoran yang buat jaman sekarang sih emang lebih nyaman buat sangjitan.

Selesai makan, ada koko WO yang briefing sususan acara buat hari H. Dijelasin deh tuh semuanya juga aturan yang boleh dan gak boleh dilakuin pas hari H. Tujuan dari briefing ini, supaya semua keluarga tau kalo nanti bakal gimana aja, dan kalo mau ada yang dkritik, bisa dari sekarang. Jangan pas hari H tiba-tiba bilang, "kok begini, kok begitu, kok gak ada acara ini itu" yang bikin syok.

tosca couple
Selain bunga dari Heryadi's, aku gak siapin dekor lain-lain lagi. Cuma beli tulisan xuang xi super gede aja di mangdu. Tadinya mau centil-centil pake backdrop yang kece-kece itu, tapi begitu tau harganya, langsung mundur teratur dan mikir gak worth it untuk acara yang cuma berapa jam aja.
Baju si mama sama aku mirip yaa. Iyalah, secara dia jait dan minta tukang jaitnya untuk bikin motif bunga kayak baju aku hehehe. Gak ada foto sama mami papi karena mereka kan gak dateng :(

Abis semua briefing dan ngobrol-ngobrolnya kelar, pihak keluarga cowo pulang. Tapi sebelum itu, tentu ada acara balikin nampan yang isinya udah dipisah-pisahin barang cewenya. Untuk uang susu diambil semua dan uang pesta disisain buntutnya aja.

Abis nerima nampan, suami istri yang bawa nampan itu dikasih angpao sama si mama dan 1 box isi kue-kue manis.

Belinya di toko yang di Glodok itu juga. Engko tukang jualannya ada kasih pilihan model-model hampersnya. Tadi pengen yang paper bag, tapi isi kuenya gak muat kalo sebanyak kayak yang di foto dan si mami bilang isi kuenya harus lengkap.

Acara sangjitnya selesai deh setelah pihak keluarga cowo pulang. Selanjutnya aku mau review sedikit soal dandanan dan baju aku kemarin.

Make up tentu aku pake Aurelia Make Up. Dari Aurel, aku dapet 1x tes make up dan aku ambil buat sangjit.

Aku sengaja minta yang soft secara sangjitannya cuma di rumah. Untuk hair do juga aku cobain dari mba Vince, yang bikinin hair do pas hari H.

Untuk gaun, aku beli di Potts. Disini, ukuran baju bisa dijait custom, tapi karena aku gak mau ribet, aku langsung pesen ukuran S dan minta tambahan dikasi bahan didalemnya supaya keliatan lebih megar.


Bagian atasnya agak kegedean gitu, alhasil dada yang udah rata ini jadi tambah gak keliatan wkakaka. Sebenernya aku boleh kecilin bajunya gratis, cuma ampe sekarang kok males ya rasanya. Selain ukuran yang kegedean, aku puas sama baju ini. Bahannya bagus dan semua orang muji bagus.

Sampe hari ini, aku udah pake gaun ini sebanyak dua kali buat kondangan dan si Kevin selalu pake kemeja toscanya juga. Jadilah kita bener-bener tosca couple lol

Thursday, November 10, 2016

My Dad is Unwell

Hai semuanya, sori belum sempet update blog lagi. Honestly, sekarang aku lagi ada di masa-masa yang cukup berat. Aku sendiri masih penyesuaian tinggal di lingkungan baru, dengan orang-orang baru yang kebiasaannya jauh beda sama keluarga aku. Pertanyaan udah hamil apa belum juga mulai ditanyain sama mama dan mamer, ini yang bikin aku cukup stres juga.

Dan yang paling bikin aku down, papaku jatuh sakit. Kejadiannya sepele, cuma kaki yang kepentok ujung meja. Tapi, kaki yang kepentok itu bekas kena stroke yang bikin aliran darah gak lancar. Udah hampir sebulan, diobatin gak sembuh-sembuh dan tiap malem papa meriang gak bisa tidur. Kalo yang namanya sakit begini, aku udah trauma banget dan langsung keinget sama masa-masa dulu pas papa kena stroke dan sakit jantung.

Sekarang kita sekeluarga lagi pusing mau ambil keputusan apa. Tetep mau coba terapi-terapi rawat jalan, atau harus dipotong. Iya udah separah itu :( Papa kayanya masih susah ambil keputusan kalo kakinya harus dipotong. Kita sekeluarga juga begitu. Apalagi nantinya papa udah gak bisa jalan seperti orang biasa lagi, harus pake tongkat atau kursi roda. Tapi kalo tetep coba terapi, kita gak tau seberapa cepat terapi itu bisa nyembuin kaki papa, kalau kalah cepat sama penyakitnya, bisa jadi infeksinya tambah naik terus.

Lucu kayanya kalo inget sekitar hampir 2 bulan yang lalu, papa masih bisa jalan sehat nemenin aku ke altar..

Selain itu, akhir November ini aku ada ujian profesi aktuaria, bidang kerja aku. Biasanya, aku belajar dari 3 bulan sebelumnya dan tiap weekend pasti aku full belajar. Cuma untuk ujian sekarang aku baru bisa belajar di akhir September, setelah urusan nikah dan honeymoon kelar. Waktu 2 bulan itu pendek banget buat belajar materi yang bener-bener baru apalagi aku gak pinter-pinter amat :( Ditambah papa lagi sakit gini, weekend kemarin sama sekali gak ada waktu untuk belajar. Sekarang sih aku udah berserah aja kalo misalnya nanti gak lulus. Yang penting papa bisa cepet sembuh, gak tambah parah penyakitnya.

Balik lagi ke masalah hamil, mungkin mamer harus nunggu dan lebih sabar lagi buat punya cucu. Karena aku cukup yakin kalo belum bisa hamil cepet di saat keadaan stres kayak gini.

Yang pasti aku tiap hari berdoa supaya cepet dikasi keturunan dan supaya papa sembuh dan supaya aku bisa lulus ujian. Jadi banyak maunya lol. Tapi tetep kesembuhan papa jadi prioritas nomor 1.

Yah, jadi begitulah kira-kira keadaan aku sekarang. Bantu doanya ya teman-teman semoga si papa cepet sembuh, apapun keputusan yang bakal diambil nanti :)

source: jarofquotes.com

Tuesday, October 25, 2016

The Day - Unbreakable Vow

Buat yang mau baca bagian sebelumnya, bisa lihat disini.

Sekitar jam 10 pagi, aku, Kevin dan semuanya mulai berangkat ke tempat pemberkatan kami, Vihara Theravada Buddha Sasana (VTBS) di Kelapa Gading. Waktu itu jalanan gak macet, lancar banget, malah supirnya yang agak lama nyetirnya. Mungkin emang harus gitu kali ya, supaya pengantinnya nyaman. Lalu, sekitar jam setengah 11 kurang 15 menit, kita tiba di VTBS. Semua keluarga dan kerabat dari pihak aku maupun Kevin udah dateng semua. Cuma kita masih belum bisa masuk karena pengantin sebelum kita masih belum selesai. Aku, Kevin dan bridesmaids nunggu di mobil. Deg-degan loh rasanya karena buat aku sendiri, acara pagi ini jauh lebih penting daripada resepsi malam nanti. Walaupun persiapannya jauh lebih ribet yang resepsi malam. Lebih penting karena emang yang nentuin kita sah jadi suami istri itu yang pagi, suasananya juga tentu lebih sakral, sedangkan acara malam itu cuma pelengkap hari bahagia aja.

Sekedar informasi, pemberkatan di VTBS ini biasanya berdurasi 1 jam untuk setiap pengantin dan pemberkatan yang paling pagi adalah jam 9 pagi. Dalam 1 hari, maksimal cuma boleh ada 3 pengantin. Jadi, pilihannya mulai jam 9-10, 10-11, atau 11-12. Kita sendiri pilih yang jam 11-12 karena ketika kita mau pilih jam, sekitar setahun yang lalu, pilihan jam 10-11 udah diambil sama capeng lain, sedangkan jam 9-10 terlalu pagi kayaknya. Sedangkan untuk pemberkatan di hari Minggu, baru bisa mulai setelah Puja Bhakti selesai.

Seminggu sebelum hari H, kita bakal disuruh janjian sama romonya. Intinya sih kayak briefing nanti sususan acaranya seperti apa aja, urutan jalan menuju altar, dimana posisi kita harus berdiri dan sebagainya. Kalo ngikutin urutan standarnya, memang diprediksi paling lama 1 jam sudah selesai. Untuk standarnya juga, lagu-lagu yang ada di sepanjang prosesi akan dimainkan dari kaset. Sedangkan kita sendiri, sebelumnya udah deal sama band yang isinya muda mudi vihara untuk nyanyi di pemberkatan kita. Sebenernya bukan band juga karena alat musiknya cuma 1, yaitu organ vihara dan 3 orang yang nyanyi.

Untuk susunan acaranya sendiri, harusnya aku sama Kevin jalan barengan di baris paling depan sambil bawa bunga persembahan diikuti orang tua dan saksi. Cuma, aku pengennya itu Kevin jalan duluan dan nanti aku jalan sama papa, terus papa nyerahin aku ke Kevin. Ribet ya cewe yang satu ini. Hehe.. Tapi gimana dong, udah pengen banget dari dulu kayak gitu. Jadi, briefing sebelum hari H itu berguna banget buat koordinasi antara kita sama romo.

Sampai akhirnya jam 11 lewat 15 menit, akhirnya kita disuruh turun dan siap-siap untuk masuk ke vihara. 

Sejujurnya, aku masih ngerasa biasa aja dari nunggu di mobil, turun, terus baris di pintu masuk. Yang dipikirin juga gak ada sama sekali. Jadi urutannya adalah Kevin jalan sama mami papi, lalu mama aku, dan 2 orang saksi diiringi lagu dari vihara.

Lalu terakhir, aku masuk bersama papa diiringi lagu A Thousand Years-nya Christina Perri. Padahal lagu yang aku pilih ini udah kayak lagu sejuta umat buat acara kawinan, tapi entah kenapa begitu lagunya dimulai, tiba-tiba rasanya jadi sedih luar biasa.


Tiba-tiba mulai keinget lagi. Papa udah didiagnosa kena diabetes dari umurnya masih 30an tahun, mungkin waktu itu aku masih duduk di bangku SD. Kita sekeluarga juga bukan keluarga yang kaya. Kita pernah ngalamin masa-masa paling down, sampe yang namanya gak ada makanan di meja makan dan dapat sumbangan sembako dari vihara rasanya seneng banget. Papa kerja keras walaupun badan dan pikirannya mungkin cape. Lalu, memasuki tahun kedua aku kuliah, papa kena stroke. Papa gak bisa gerakin anggota tubuh bagian kirinya. Papa mulai terapi segala macem dan latihan gerakin tangan kakinya. Sampai sekarang, papa bisa gerakin tangan dan kaki kirinya walaupun gak 100%. Memasuki tahun keempat aku kuliah, papa kena penyumbatan di jantungnya. Setelah diperiksa, penyumbatan bukan cuma di satu pembuluh darah, tapi banyak yang mengharuskan papa untuk di operasi bypass. Operasi bypass ini termasuk operasi besar dan mahal.

Waktu itu adalah saat-saat aku merasakan ketakutan yang luar biasa. Aku bener-bener takut kehilangan papa. Di masa-masa kritis papa, aku tiap hari berdoa supaya papa dikasih waktu lagi minimal sampe bisa nemenin aku jalan ke altar di hari pernikahan aku.

Mungkin itu sebabnya kenapa aku sedih banget. We've been through a lot as a family. Mungkin aku cuma merasa bersyukur dan berterima kasih sama Yang di Atas karena doa aku dikabulkan. Papa masih ada dan nemenin aku jalan di pemberkatan pernikahan kemarin :)

kenapa harus sedih :(
Balik lagi ke prosesi kemarin. Sebelum mulai jalan, aku sempet liat ko Jeffrey, si WO yang berdiri di samping pintu masuk dan pengen ngasih tau ini gimana air mata udah gak terbendung lagi. Ceileh bahasanya.. Si WO cuma ngangguk aja sambil senyum gak ngasih tisu hahaha.. Ya udah lah, the show must go on kan ya. Tapi emang beneran itu gak bisa ditahan lagi dan dari langkah pertama jalan aja, air mata udah mulai banjir. Mungkin tamu-tamu pada bingung kali ya, ini belum apa-apa kok pengantinnya udah mewek aja.

Sampai di ujung altar, papa buka veil aku, cium kening, lalu beliau menyerahkan aku ke Kevin. Bukannya berhenti, tapi air mata makin deres dong sampe ingusan.

Daddy's love won't go anywhere
Setelah itu, semuanya berjalan lancar dan sampailah di saat Kevin dan aku mengucapkan ikrar pernikahan. Sesuai briefing, kita cuma tinggal ngikutin romo ngomong apa. Mudah toh, gak ada yang harus diafal. Tapi ternyata, baru mau mulai vow, si Kevin tiba-tiba zonk. Romonya ngomong apa, dia gak bisa ngulangin, sampai akhirnya ada yang inisiatif kasih buku pemberkatan yang emang ada teks lengkapnya. Giliran aku, untungnya semua berjalan lancar. Dari awal aku cuma berharap gak nangis pas lagi vowing aja, supaya suaranya jelas.

the vow
Aku dan Kevin diminta ucapin ikrar pernikahan masing-masing. Di akhir, romonya minta supaya ikrarnya dilaminating dan dipajang di kamar. Supaya kita inget terus dan bisa dibaca setiap hari :) 

Prosesi selanjutnya ada pasang cincin, dibalutin kain kuning, tanda tangan surat dan terakhir acara sujud ke orang tua.
tukar cincin
tied into one

Ketika dipakein kain kuning ini, papa mama, mami papi dan romo masing-masing mercikin air suci ke kita, sambil berpesan dan mendoakan semoga pernikahan kita langgeng sampai maut memisahkan.

Abis itu kain kuning dilepas dan kita tanda tangan surat pernikahan.
liat itu tangan megang tisu mulu
Untuk acara penghormatannya, tentu nangis-nangisan lagi, cuma gak sesedih pas pertama jalan ke altar. Yang aku rasakan beda dari penghoratan orang tua di VTBS dan tempat-tempat lain, cuma di VTBS yang masing-masing orang tua dan pengantinnya diminta ngomong dulu pake mic pula. Jadi semua tamu bisa denger apa yang kita bilang. Tadinya aku mau request gak usah pake ngomong-ngomong pake mic deh, takut banjir air mata. Hehehe.. Tapi lupa dan udah terlanjur basah, yowes dilanjutin aja.
penghormatan orang tua
Jadilah momen itu jadi momen yang super sedih juga. Apalagi aku yang tiba-tiba ngerasa bersalah karena gak bakal tinggal serumah lagi sama mama papa :(



Setelah itu, prosesi selesai dan tamu-tamu dipersilahkan ngucapin selamat ke kita. Sodara aku sendiri sampe bilang no comment karena dia sedih banget. Mungkin karena suasananya pas, sakralnya dapet, ditambah bandnya juga bagus.

Selesai foto-foto, aku dan Kevin langsung tanda tangan catatan sipil juga disana.

Terakhir, tentunya ada acara lepas balon supaya hepi lagi gak sedih-sedih :D
liat om ku yang gaul
it was a happy ending after all

Secara keseluruhan, aku puas sama VTBS karena aturannya gak terlalu gimana banget. Boleh pake gaun pengantin, boleh ganti susunan acara asal diomongin dulu, boleh pake band buat ngiringin dan bukan pake kaset. Aku juga berterima kasih karena dapet romo yang baik banget, yang ngeliat mukanya aja rasanya teduh banget dan bikin kita gak nervous.

PS. Kalau ada yang butuh referensi, ini daftar lagu-lagu yang aku pilih untuk pemberkatan kemarin:
Lagu masuk:
1. lagu vihara
2. A Thousand Years - Christina Perri / Christian Bautista version

Pemakaian kain kuning:
1. The Way You Look at Me - Christian Bautista

Pemakaian cincin:
1. Falling in Love at A Coffee Shop - Landon Pigg

Hormat orang tua:
1. Your Love - Gita Gutawa
2. Hanya Satu - Mocca

Tanda tangan surat:
1. Marry Me - Train

PS lagi, maafkan kalo postingan kali ini mellow yaa :) Bersambung..

Wednesday, October 19, 2016

The Day - Morning Preparation

Mungkin dari kalian ada yang mau nikah dan walaupun udah pernah melihat prosesi pagi pengantin lain yang entah keluarga atau teman, tapi masih bingung harus ngapain aja, semoga tulisan ini membantu dan bisa kasih gambaran mengenai persiapan pagi pengantin adat chinese tapi modern. Apa pula maksudnya ya :D

Sabtu, 10 September 2016

Persiapan Tashya

Hari itu dimulai dari jam 4 pagi, dimana aku baru bangun dari tidur yang cuma berapa jam dan langsung berpindah ke kamar pengantin, tempat aku akan mulai dirias. Bahkan Kevin masih sempet-sempetnya ke kamar pengantin cuma buat mastiin aku udah bangun. Tadinya mau mandi dulu, tapi setelah mondar-mondir gak jelas di kamar, Aurel udah keburu dateng. Jadi yang aku lakukan cuma lap-lap badan, cuci muka, sikat gigi dan langsung pake robe dari @gingerolive.co.

Keadaan muka waktu itu lagi gak gitu bersahabat. Gara-gara semalemnya nangis, jadi masih ada bengkak sedikit. Dan yang lebih nyebelin, tiba-tiba aja pagi itu muncul satu jerawat gede banget di pipi. Sediiiih..

Proses make upnya sendiri gak gitu lama. Mungkin karena Aurel udah beberapa kali dandanin aku dan dia udah tau mesti diapain. Aurel juga bisa nutupin si jerawat super gede itu.

make up pagi
Sekitar 1 jam setelah mulai dandan, orang-orang dari Picturehouse juga udah dateng dan mulai sibuk atur-atur lightning yang bagus, atur mannequin yang belom dipakein gaun pengantin dan udah mulai foto-foto proses dandan yang masih setengah jadi ini.

Gak lama setelah itu juga mba Vince juga dateng. Mba Vince ini yang bakal bikinin hair do pagi dan malam aku. Ini kedua kalinya aku ketemu mba Vince. Yang pertama itu pas aku sangjit, dia juga yang bikin hair do nya. Orangnya rame, cerewet, jadi bener-bener bikin suasana cair dan aku jadi rileks. Ternyata juga, mba Vince kenal sama orang-orang Picturehouse. Namanya juga kerja di bidang perweddingan, jadi ketemu orang-orangnya juga dia lagi dia lagi ya.
hair do pagi
Oiya, aksesorisnya aku pinjem dari @quennyhairpin. Jadi ceritanya, Quenny ini punyanya sepupu ipar aku dan dia nawarin untuk pinjem hairpiece dia secara gratis. Akhirnya aku pilih yang model lace simpel kayak di foto. Modelnya sendiri ada banyak dan bagus-bagus. Selain itu, semua hairpiece yang dia jual atau sewakan itu dibuat sendiri sama si owner, 100% handmade.
Sebenernya dari Ritz Taipei aku juga dapet pinjeman hairpiece untuk pagi dan malam. Aku sendiri di hari-hari sebelumnya juga udah milih mana yang mau dipinjem. Tapi akhirnya hairpiece dari Ritz ini gak ada yang dipake. Karena setelah dibandingin sama Quenny punya, hairpiecenya jauh lebih bagus dan rapi.
slayer dari Ritz Taipei
Para mama, adik Kevin, dan bridesmaids juga udah mulai dandan sama Bellevue. Tim WO juga udah sibuk mondar-mondir dan masangin gaun pengantin ke mannequin.
the chosen one
Yang dodolnya, sekitar jam 5 pagi ada telepon masuk ke kamar dan langsung aku angkat. Ternyata itu dari room service yang nanya kamarnya mau di make up apa engga. Aku pikir ini orang room servicenya masih masih ngantuk atau gimana ya, masa kamar dibersihin pagi-pagi. Jadi aku bilang aja gak usah di make up. Eh ternyata maksudnya make up kamar itu buat hiasin ranjang pengantin buat sesi pagi. Haha.. Tapi akhirnya semua beres gak ada masalah telat sama sekali.

Selanjutnya, yang dilakukan setelah selesai dandan adalah.. foto-foto cantik pake robe :)
pose memandang masa depan lol
Suka banget sama kerja ko Benny dan tim yang bisa ngarahin gaya macem-macem. Fotonya cuma sebentar karena aku disuruh sarapan dulu. Makanannya sendiri dibawa ke kamar oleh orang hotel dan jumlahnya itu bener-bener banyak dan lengkap. Udah kayak mau kasih makan satu komplek. Lebay sih ini haha..
menu makan pagi
Pelayanan dari Mercure memang boleh diacungi jempol. Makanannya juga semua enak, walaupun aku cuma makan sedikit.

Setelah makan, para bridesmaids datang dan kita mulai sesi foto-foto cantik lagi.
ngobrol cantik
Suka juga sama hasil make up Bellevue. Semua bridesmaids didandanin sama tim Bellevue, bukan Ellis. Tapi hasilnya flawless semua, cantik gak berlebihan.

Setelah foto, aku langsung dipakein gaun pengantin sama WO. Padahal beberapa hari sebelumnya, aku dan bridesmaids udah ke Ritz Taipei buat latihan cara pakein aku gaun. Udah latihan cape-cape, tapi akhirnya WO juga yang pakein hehe..

Proses pake gaun ini agak sulit dan lucu jadinya. Jadi, gaun yang aku pilih ini belakangnya model iket-iket silang gitu, bukan langsung retsleting. Iket-iketnya mesti ditarik yang kenceng supaya bagus dan bisa dikancingin lagi. Jadi, tukang jahit Ritz Taipei ada masangin sejenis kancing dalem gitu yang intinya supaya gaunnya tetep kenceng. Pas pake di Ritz sih rasanya gampang-gampang aja karena ada mba-mba yang bantuin. Tapi pas sekarang pake sendiri, sulit ya ternyata. Kalo WO yang satu narik terlalu kenceng, akunya jadi ketarik ke belakang mau jato. Akhirnya harus ada WO lain yang megangin dari depan, supaya aku gak ketarik. Ternyata megangin aja gak mempan, harus dipeluk. Hahaha.. Jadi kalian bayangin aku pelukan sama 1 orang dan di belakangnya ada yang berjuang narik-narik iketan gaun. Oiya WO yang pakein baju tentunya perempuan ya. Pas banget emang tim WO yang cewe cuma ada 2 orang.

Setelah digedor-gedor sama WO lain yang nanyain mulu "udah kelar belom", akhirnya pintu kamar dibuka juga dan foto cantik pake gaun dulu.
ada yang bolong gak yah
Prosesi selanjutnya adalah mama yang makein papa corsage dan setelah itu mereka nutup slayer aku.
tutup slayer
Oiya sebelum tutup slayer, aku juga ada prosesi makan onde bareng saudara kandung. Karena aku punya adik cowo, jadi kita bertiga makan onde dan masing-masing dapat angpao dari mama papa. Katanya, tradisi ini menggambarkan supaya walaupun aku udah nikah, kita sesama saudara tetep masih akur, dilambangkan dengan makan onde bersama. Bener gak ya?
abis makan onde, dapet angpao
Setelah slayer ditutup, aku duduk manis di kamar sambil nungguin Kevin datang menjemput..

Persiapan Kevin

Yang namanya cowo itu gak seribet persiapan cewe kan. Jadinya setelah aku kelar dandan, Aurel langsung bergegas ke kamar Kevin buat make up Kevin sedikit.

Kalo yang aku liat dari foto-foto pichos, ada prosesi Kevin pake sepatu, dipakein dasi sama best men, dipakein jas sama mami papi, mami kasih buket pengantin ke Kevin dan setelah itu mereka semua turun ke lobby.
anak mami udah ganteng
Di lobby, Kevin dipayungin pake payung merah sama salah satu best men untuk naik ke mobil pengantin. Abis itu mobilnya jalan ngelilingin hotel sekali. Sesampainya di lobby hotel lagi, Kevin turun dari mobil dan masih dipayungin pake payung merah. Di depan lobby, udah ada tante aku yang siap sama nampan beras kuning yang udah dicampur uang logam dan permen.
lempar yang banyak supaya makmur
Katanya sih tradisi ini intinya supaya si pengantin makmur kehidupannya, duit ada, makanan ada, dan kehidupan rumah tangganya manis-manis terus kayak permen. Dilemparnya tiga kali, ke depan, ke kiri, ke kanan. Ada juga orang lain yang lemparnya ke empat penjuru, utara, selatan, barat, timur. Ada juga yang lempar harus dua orang, terus nanti lemparnya bales-balesan. Macem-macem deh caranya. Gak usah diribetin, cara gimana aja sama menurut aku yang penting maknanya mendoakan yang baik-baik.

Pas dilemparin pun, Kevin tetep dipayungin dan ada best men lain yang mungutin hasil lemparannya itu, entah uang logam atau permen. Maknanya apa ya, ada yang tau?

Selesai itu, Kevin diantar oleh tante aku menuju kamar pengantin. Jangan harap bisa langsung ketemu si bride, karena ada... gatecrash game dulu dong hehehe.. Sebenernya ya, aku gak mau ada game-game beginian karena buat aku gak gitu penting dan Kevin itu orangnya gampang keringetan. Kan gak lucu kalau belum ketemu aku aja udah keringetan lepek, terus nanti moodnya dia jadi bete. Tapi WO bilang harus ada game dulu karena leader WO nya emang pengen ngerjain si Kevin. Fyi, leader WOnya ini mantan bosnya Kevin.
mau ketemu Tashya? no no no
Gamenya sendiri simpel, tapi susah. Kevin cuma disuruh cari 3 foto aku yang harus dia cium, tentunya pake lipstik ya bibirnya. Foto pertama gampang, foto kedua agak naik sedikit di tembok gitu, foto ketiga ada di langit-langit, jadi harus gendong-gendongan deh tuh. Udah berapa kali nyoba, tapi gak bisa juga. Payah ya :D
ini yang paling atas hoho
Akhirnya karena kasian, dikasih lewat juga deh sama bridesmaids aku. Beneran udah keringetan tapi untungnya dia gak bete. Begitu masuk kamar pengantin, langsung disambut sama mama papa, peluk cium dulu. Terus digandeng deh ke kamar utama tempat aku nunggu.

Udah lupa waktu itu fotografernya ngelucu apa engga, atau emang akunya happy karena aku senyum-senyum ketawa gak jelas hampir di semua foto pas Kevin lagi nyamperin aku.
hey babe
Mungkin emang happy kali ya. Walaupun gak dipingit, tapi rasanya tetep berbunga-bunga kok :D hahaha..

Setelah dijemput, kita tukeran corsage dan buket. Aku pakein corsage ke Kevin dan dia berlutut kasih buket ke aku. Disini gak ada prosesi buka slayer, karena slayer cuma boleh dibuka sekali dan rencananya baru akan dibuka di vihara.

Prosesi selanjutnya adalah makan misoa. Misoanya sendiri udah disiapkan dari pihak hotel, lengkap beserta telur rebus bulatnya. Aku sendiri makan dalam keadaan slayer masih tertutup. Jadi agak sedikit susah ketika Kevin mau nyuapin aku.
mana ya misoanya gak keliatan
Setelah makan misoa, langsung deh kita berangkat ke vihara untuk pemberkatan.
babhaay guys
Kalau untuk pengaturan waktunya, bener deh kemarin itu aku udah gak liatin jam lagi. Berguna banget ada WO yang udah jadwalin semuanya. Dengan prosesi yang segitu banyaknya, semuanya berjalan sesuai rencana. Untung juga mungkin karena aku ambil pemberkatan yang jam 11 siang, jadi gak ada yang harus diburu-buru.

Bersambung ke postingan berikutnya yaa..